Wujudkan Kota Layak Anak, Forum Anak Adakan Regenerasi Kepengurusan

DEPOK – Anak merupakan aset bagi masa depan keluarga, daerah dan negara. Karena itu, pembinaan dini sangat dibutuhkan guna memperkuat jati diri sekaligus kesiapan fisik dan mental.

Sebagai Kota Layak Anak (KLA), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus intens memberikan perhatian bagi anak-anak di Kota Belimbing itu.

Guna mewujudkan visi KLA, Pemkot telah menyiapkan berbagai sarana edukasi dan pembinaan anak baik melalui peran sekolah maupun organisasi atau komunitas peduli anak.

Adapun, dari sekian organisasi dan komunitas peduli anak di Kota Depok, Forum Anak (FA) merupakan salah satu yang paling dikenal masyarakat se-Kota Depok.

Forum ini terkenal cukup giat dalam memberikan edukasi, sosialisasi dan pembinaan terhadap anak-anak di Kota Depok agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang baik dan punya dedikasi tinggi.

FA sendiri memiliki kepengurusan baik di tingkat Kecamatan maupun di setiap kelurahan yang ada di Kota Depok.

Kali ini, regenerasi pengurus dilakukan pada FA Kelurahan Rangkapan Jaya.

Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak (GTKLA) Kelurahan Rangkapan Jaya, Herliana Maharani menerangkan, proses regenerasi pengurus ini dilakukan karena pengurus periode sebelumnya 2019-2021 telah habis masa bakti.

“Karena habis masa kepengurusan forum anak periode 2019-2021, maka perlu dilakukan penyusunan kepengurusan baru,” kata Herliana kepada wartawan, Kamis (10/6).

Adapun, pergantian pengurus ini dilakukan untuk masa bakti 2021-2023 atau selama dua tahun masa kerja.

“Mereka (Pengurus Forum Anak yang baru) akan lakukan rapat internal lebih dahulu sebelum proses pelantikan oleh Pak Lurah,” ucapnya.

Ia menambahkan, rata-rata usia forum anak berada di interval 0-18 tahun. Dengan demikian, pengurus sebelumnya yang sudah lewat usia sudah bukan lagi tergolong ke dalam Forum Anak.

“Bagi pengurus terdahulu yang telah melampaui batas usia, secara otomatis diangkat menjadi fasilitator pengurus yang baru,” ujarnya.

Herliana mengatakan, Forum Anak merupakan wadah partisipasi anak untuk mendorong keterlibatan anak dalam pengambilan keputusan baik di lingkungan sampai pemerintahan.

“Ke depan, mereka juga akan didorong untuk memperbanyak kegiatan untuk bersinergi dengan pihak kelurahan,” tandasnya. (Mg12/hrs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan