Perlunya Menerapkan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda

CIMAHI – Kalangan generasi muda sebagai pemilik masa depan bangsa harus memiliki wawasan kebangsaan serta semangat persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Wawasan kebangsaan yang berlandasakan pada nilai ideologi Pancasila perlu diaktualisasikan dalam penerapan kehidupan sehari-hari dengan mengandalkan kecerdasan intelektual dan spiritual.

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana membuka kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan Terkait Penyuluhan Tentang Ketaatan Hukum Dalam Rangka Pemahaman Nilai-Nilai Idelogi Pancasila, berlokasi di Halaman Kantor Kelurahan Cigugur Tengah, Jalan Abdul Halim Nomor 140 B, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Senin (7/6).

“Intinya, kita mengingatkan kembali pada masyarakat khususnya generasi muda bahwa wawasan kebangsaan berdasarkan ideologi Pancasila itu harus dimengerti, jangan sampai tergoyahkan oleh siapapun dan apapun, sehingga Pancasila tetap menjadi ideologi, sebagai dasar landasan pada kehidupan bangsa dan negara,” ujar Ngatiyana, Senin (7/6).

Ia menilai, kegiatan seperti ini dapat menjadi momentum strategis untuk menyegarkan kembali betapa pentingnya pemahaman Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara.

Menurutnya, nilai-nilai Pancasila masih tetap dipegang teguh oleh masyarakat di Kota Cimahi meskipun tengah tantangan dalam kehidupan perkotaan yang penuh dengan tantangan.

“Kalau tidak seperti ini turun ke masyarakat, dan berpindah-pindah ke kelurahan, nantinya masyarakat khususnya generasi muda akan lupa terhadap wawasan kebangsaan dan ideologi pancasila,” terangnya.

“Akibatnya nanti menjadi kerapuhan bagi kita apabila tidak mengetahui ideologi pancasila yang sebenarnya sehingga mudah terganggu baik dari luar maupun dari dalam, yang nantinya akan mempengaruhi sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara,” lanjutnya.

Demikian, Ia mengakui bahwa pentingnya dalam penerapan ideologi pancasila untuk terus meningkatkan pemahaman di tengah masyarakat sekitar mengenai nilai-nilai Pancasila dan diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. (Mg5/int)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan