Pemkot Cimahi Buka Ratusan Lowongan CPNS dan P3K Tahun ini

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2021. Ada sebanyak 610 posisi yang tersedia.

Ratusan formasi itu merupakan jatah yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Rinciannya, sebanyak 527 formasi P3K khusus guru dan 83 formasi CPNS.

“Iya untuk tahun ini penerimannya bersamaan antara CPNS dan P3K. Untuk CPNS ada tenaga kesehatan sebanyak 47 orang, dan tenaga teknis 36 orang,” ungkap Kepala Bidang Pengadaaan, Pembinaan, dan Pendidikan Pelatihan pada Badan Pengelola Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi, Isnendi, Jumat (4/6).

Jumlah formasi yang diterima itu menurun dari yang semula diajukan Pemkot Cimahi. Pasalnya, kata Isnendi, awalnya pihaknya mengajukan sebanyak 711 formasi untuk penerimaan CPNS dan P3K.

“Di bawah angka pengajuan, yang dijukan 711 formasi,” ucapnya.

Diakui Isnendi, jumlah PNS di Kota Cimahi sudah ideal, yakni sekitar 4.200. Pihaknya pun optimis bisa menutupi kekurangan pegawai, jika ada PNS yang masuk masa pensiun.

“Insya Allah bisa. Nah pengadaan yang akan kita selenggarakan itu, salah satunya juga untuk mengganti atau mengisi yang pensiun. Jadi seimbang antara yang pensiun dan pegawai baru,” terangnya.

Meski sudah mendapat jatah formasi penerimaan CPNS, BPKSDMD masih menunggu aturan teknis berupa Petunjuk Pelaksana dan Petunjuk Teknis (Juknas-Juknis) yang dimuat dalam Permenpan RB seperti tahun lalu.

“Untuk teknisnya, masih menunggu dari Menpan RB,” ujar Isnendi.

Ia pun meminta bagi warga yang berminat  mengikuti seleksi CPNS untuk mempersiapkan diri, termasuk persyaratan administrasi yang harus disiapkan. Diakui Isnendi sudah banyak masyarakat yang mencari informasi soal penerimaan CPNS tahun ini.

“Sebelum pendaftaran akan ada pengumuman terlebih dahulu. Tapi masyarakat sudah banyak yang tau kalau akan ada seleksi CPNS dan P3K. Kita jelaskan sesuai ketentuan, akan diumumkan secara terbuka. Nanti tunggu saja pengumumannya di web Cimahi, dan juga di media surat kabar,” terangnya.

Untuk proses pendaftaran CPNS tahun ini, Isnendi mengungkapkan jika kemungkinan besar akan sama dengan tahun sebelumnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan