Nikmati Wisata Tanpa Tembakau di Hari Tanpa Tembakau

BANDUNG– Suasana alam yang sangat asri bebas polusi dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan menjadi alasan utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Sebagai sebuah kawasan wisata alam terpadu dengan luas lebih dari 12 hektar menjadikan Orchid Forest Cikole dikenal dan selalu menjadi destinasi favorit.

Keasrian dan kesejukan udara yang dimilikinya terus terjaga, seperti salah satunya adalah dalam peringatan tanggal 31 Mei yang setiap tahunnya diperingati sebagai ‘World No Tobacco Day’ atau Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Peringatan ini menjadi momen untuk menginformasikan bahaya tembakau serta dampak buruknya bagi kesehatan, terlebih di tengah situasi pandemi saat ini.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 7 juta kematian diakibatkan oleh tembakau. Sulitnya menghentikan produksi dan konsumsi tembakau di Indonesia didukung aspek pertumbuhan ekonomi. Ironisnya tembakau masih merupakan salah satu komoditas penting peyokong perekonomian Indonesia.

Dampak negatifnya adalah infeksi saluran pernapasan dan meningkatkan keparahan penyakit saluran pernapasan. Hasil pengkajian sistematis terhadap penelitian-penelitian terkait tembakau yang dilakukan oleh WHO pada 29 April 2020 lalu, menemukan bahwa penderita COVID-19 yang mengonsumsi tembakau memiliki tingkat infeksi keparahan lebih tinggi dibandingkan yang bukan perokok.

Maka dari itu dalam menyambut Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Orchid Forest Cikole serukan Selamatkan Kesehatan anak bangsa dari bahaya tembakau. Terlebih lagi di masa seperti ini disaat masih berjuang untuk melawan pandemi virus corona di Indonesia.

Orchid Forest Cikole merayakan #WisataTanpaTembakau dengan melarang semua kegiatan yang berhubungan dengan tembakau di Orchid Forest Cikole pada 31 Mei 2021 lalu. Untuk memberikan reward bagi para pengunjung, Orchid Forest Cikole menukar tembakau yang dibawa pengunjung dengan hadiah kecil berupa permen agar pengunjung bisa menikmati wisata dengan bebas polusi.

“Menghirup udara segar adalah hak kita semua, kami terus mendukung inisiasi pemerintah untuk mengurangi konsumsi produk tembakau yang dapat mencemari udara kita terutama di tengah hutan Orchid Forest Cikole di mana hutan memiliki peran yang penting sebagai paru-paru dunia untuk terus dapat memberikan udara terbaik bagi kita semua” ungkap Barry Akbar, selaku CEO Orchid Forest Cikole yang menginisiasi gerakan #WisataTanpaTembakau. Senin (31/05).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan