oleh

Melalui Gugatan Sederhana, Kejari Berhasil Membuat Perusahaan Bayar Tunggakan Iuran BPJS

BALEENDAH – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Soreang telah memberikan surat kuasa khusus (SKK) permintaan bantuan hukum kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bandung.

Hal itu untuk melakukan penagihan terhadap badan usaha di Kabupaten Bandung yang menunggak iuran kesehatan.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung, Paryono mengungkapkan, bantuan hukum tersebut terdiri dari kegiatan non litigasi yaitu bantuan dalam bentuk proses negosiasi dan kegiatan litigasi yang berupa gugatan sederhana.

Baca Juga:  Eks Camat Waluran Sukabumi, Diduga Gelapkan Anggaran Rp 346 Juta

“Apabila sudah dilakukan proses non litigasi, namun badan usaha tetap tidak mau melunasi tunggakannya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses gugatan sederhana ke pengadilan,” ungkap Paryono saat memberikan keterangannya di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung, Kamis (3/6).

“Tetapi, keputusan melakukan gugatan sederhana itu merupakan kewenangan pemberi kuasa, contohnya BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Dikatakan Paryono, saat ini Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung sedang ungkap 165 perusahaan yang menunggak biaya iuran BPJS Kesehatan hingga mencapai nilai Rp5 miliar lebih.

Baca Juga:  BPJAMSOSTEK Permudah Pendaftaran dan Pembayaran Iuran Melalui LinkAja

Dikatakan Paryono, ada satu perusahaan di Kabupaten Bandung yang menunggak iuran BPJS sejak Maret 2019 sampai Oktober 2020 dan harus melalui proses gugatan sederhana. Pihaknya berhasil membuat perusahaan tersebut membayar tunggakan iuran BPJS sebesar Rp283.360.624.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga