Menurun, Tingkat Disiplin Prokes Masyarakat Bandung, Oded Bilang Begini

BANDUNG – Demi mengurangi penyebaran Covid-19, Wali Kota Bandung, Oded M Danial meminta, masyarakat untuk tidak bosan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Kemarin ketika saya ikut rapat koordinasi baik di provinsi atau nasional dengan Pak Jokowi,” ujarnya saat di Summarecon Bandung, Rabu (2/6).

“Memang rata-rata hampir di semua wilayah, masyarakat mengalami penurunan disiplin prokes (protokol kesehatan),” sambungnya.

Tak hanya itu, pihaknya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun bakal terus mengoptimalkan dan mengendalikan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Salah satu caranya melalui Operasi Gabungan Patroli Pengawasan dan Penegakan Disiplin (Gakplin) Protokol Kesehatan di tingkat Kecamatan.

Oded mengimbau protokol kesehatan yang harus ditaati tersebut diantaranya 5M: memakai masker, mencuci tangan dengan sabun/air atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Masyarakat mungkin karena terlalu lama Covid-19 ini, jadi jenuh, bosan, dan sebagainya sehingga (terjadi, red) penurunan disiplin prokes,” jelasnya.

“Tetapi pemerintah harus selalu berupaya mengingatkan untuk kepentingan kesehatan semua,” tambahnya.

Perlu diketahui, berdasarkan data yang dilansir dari laman covid19.bandung.go.id per 1 Juni 2021, kasus positif di Kota Bandung telah mencapai 19.575 pasien, sembuh 18.567 orang, dan meninggal 342 jiwa. (MG8)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan