Simulasi Lancar, Tanda PTM Bakal Dimulai Juli Mendatang?

CIMAHI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi menyebutkan, secara keseluruhan sekolah di Kota Cimahi siap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) jika dilihat dari protokol kesehatan COVID-19.

Kesiapan tersebut dilihat berdasarkan hasil simulasi PTM yang dilaksanakan pada 24-31 Mei 2021 untuk jenjang TK/PAUD, SD hingga SMP. Tatap muka sendiri direncanakan 19 Juli mendatang.

“Hampir semua sekolah patuh protokol kesehatan. Kalau melihat simulasi, sekolah sudah bisa melakukan pembelajaran tatap muka,” kata Kepala Disdik Kota Cimahi, Harjono, Selasa (1/6).

Namun, kata Harjono, hasil simulasi PTM ini bukan hanya dilihat dari sisi protokol kesehatannya saja.

Tapi akan melihat dampaknya, apakah dari kegiatan belajar langsung di sekolah ini menyebabkan siswa terkena COVID-19 atau tidak.

Dampak kasus yang ditimbulkan dari PTM ini baru akan diketahui dalam sepekan ke depan, sebab harus melalui pengujian yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Cimahi.

“Jadi nanti dilihat setelah siswa dua hari ketemu, ada yang positif atau tidak. Harapannya ya jelas gak ada yang positif,” ujar Harjono.

Sejauh ini, diakui Harjono ada lima siswa yang terkonfirmasi positif COVID-19. Namun bukan tertular dari kegiatan simulasi PTM, melainkan dari keluarganya.

“Terus ada juga yang siswanya positif tapi tidak ikut simulasi PTM tahap pertama ini,” ucap Harjono.

Harjono mengatakan, hasil dari simulasi PTM selama sepekan ini akan dilaporkan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi yang nantinya akan mengambil kebijakan.

Selain itu, pihaknya tentu akan berkoordinasi dengan Pemprov Jabar dan pemerintah pusat.

Tercatat ada 27 dari 400 TK/PAUD, 102 dari total 116 SD dan 37 dari 45 SMP yang melaksanakan simulasi PTM. Namun dalam pelaksananannya tidak semuanya ikut, sebab ada yang ditunda.

“SMP dari 37 ikut 35. SD ada 8 yang ditunda. Kalau TK PAUD hampir semuanya jalan,” terang Harjono.

Dirinya melanjutkan, simulasi PTM ini merupakan bagian dari perispan pembukaan sekolah yang rencananya dimulai 19 Juli mendatang, setelah setahun lebih para siswa belajar secara daring akibat pandemi COVID-19.

“Kalau saya keliling nanya anak sama guru, sama semanganya ingin PTM,” tukas Harjono. (fey)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan