Kebun Binatang Bandung Berencana Bangun Museum Sejarah

BANDUNG – Tak hanya mengusung konsep pariwisata edukasi yang memperkenalkan satwa. Kini Kebun Binatang Kota Bandung tengah berencana membangun museum, seperti apa?

Rencana pembangunan destinasi wisata baru itu pun terdapat hal lain di dalamnya, yaitu seperti destinasi wisata edukasi menyoal sejarah asal-usul Kebun Binatang Bandung tempo dulu.

Wisata tersebut rencananya bakal dinamai Museum Gajah. Meski diberi nama demikian, museum ini bakal menampilkan segala cerita sejarah di balik pendirian Kebun Binatang pertama di Kota Bandung itu.

Hal ini diungkapkan elaskan Sulhan Syafii selaku Marketing Komunikasi Kebun Binatang Bandung.

“Jadi, Museum Gajah itu bercerita tentang Kebun Binatang Bandung, bukan cuman gajahnya aja. Lebih ke sejarah kebun binatang.

“Dinamai Museum Gajah karena (lahan) itu bekas kandang gajah. Dulunya di situ. Nanti bakal dibuat tempat museum sejarah awal berdirinya Kebun Binatang Bandung, jadi ada ornamen, pasti diLengkapi di situ,” jelasnya saat diwawancarai, Selasa (01/06)

Atas pertimbangan biaya yang besar dan segala riset supaya bangunan dapat persis seperti bentuk bangunan Kebun Binatang Bandung tempo dulu.

Maka rencananya, pembangunan Museum Gajah ini akan makan waktu selama 2 tahun lamanya.

Selain menngusung konsep yang serius, Sulhan juga mengatakan dalam pembangunan proyek tersebut dapat dibilang mengeluarkan biaya yang banyak sehingga membutuhkan waktu yang tidak singkat dalam pengerjaannya.

“Dan anggarannya kurang lebih Rp2 miliaran lah. Itu belum sama ornamen-ornamen gitunya. Rp2 miliar itu estimasi rendahnya,” ucapnya. (nis)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan