Sempat Ditutup 10 Hari, Begini Kondisi Stok Pakan Hewan di Kebun Binatang Bandung

BANDUNG – Marketing Communication Bandung Zoological Garden (Bazoga), Sulhan Syafi’i mengatakan bahwa stok pakan untuk hewan masih terbilang aman.

Sejumlah bantuan pakan satwa juga telah diterima dari sejumlah donatur.

“Jadi setiap hari ada saja yang membawakan pakan, tambahan stok baik berupa karnivora maupun untuk herbivora,” ujarnya saat ditemui di Bandung Zoological Garden (Bazoga), Selasa (1/6).

Sulhan menambahkan, Bazoga atau Kebun Binatang Bandung ini masih membuka pintu untuk yang mau berdonasi untuk memberikan pakan hewan.

Donasi tersebut bisa dikirim langsung ke Kebun Binatang atau melalui rekening.

Sementara itu, Dedah Juhariah yang merupakan petugas bagian nutrisi hewan di Kebun Binatang Bandung mengatakan, pakan hewan selama kebun binatang ditutup biasanya mendapatkan bantuan dari donatur.

“Pengurangan makan kalau lagi gini sih, dikit karena budget. Makanya suka ada sumbangan gitu, jadi tergantung jumlah pengunjung, kalau pengunjung banyak makananya juga banyak kalo pas tutup kan kita ngandelin yg sumbangan gitu kan,” ungkapnya saat diwawancarai di Gudang Penyimpanan Pakan Hewan Bandung Zoological Garden, Selasa (1/6).

“Untuk satu hari seluruh nutrisi kita 1.000 kilo mah lebih karena buat pisang aja itu udah 200 kilo, terus pepaya 200 kilo, kalau gak pas suka di lebihin 15 kilo lagi untuk pakan,” tambahnya.

Menurutnya 1.000 kilo tersebut sudah termasuk daging ayam 40 kilo, daging sapi 22 kilo dan rumput 3.000 kilo selama satu hari. Terdapat zona hewan Asia dan zona hewan Afrika di Kebun Binatang Bandung.

“Makanan bervariasi yang lebih utamanya itu rumput kalau buah itu pelengkap jadi kalo buah itu lebih ke primata, kalau rumput kan karbohidrat gitu sama umbi-umbian, buat yang asia itu banyaknya buah-buahan kalau Afrika banyaknya rumput, ubi, sama wortel,” jelasnya. (MG8)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan