Keren! Beri Pelayanan Maksimal, Desa Cicalengka Wetan Bandung Gencar Manfaatkan Digitalisasi

CICALENGKA – Kemajuan teknologi informasi di Tanah Air membuat Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung turut gencar manfaatkan digitalisasi untuk berikan pelayanan maksimal.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa (Kades) Cicalengka Wetan, Nanang Sutrisna melalui Sekertaris Desa (Sekdes), Ardi Sahri yang mengatakan saat ini pihaknya tengah menggenjot terealisasinya sistem digital dalam pelayanan.

“Program tahun 2022 dari Pak Kades yaitu digitalisasi desa,” ujar Ardi kepada Jabar Ekspres saat ditemui di kantor Desa Cicalengka Wetan, Kamis (27/5).

Program tersebut kata Ardi nantinya guna memudahkan warga dalam pelayanan desa yang ditargetkan usai dalam waktu dekat.

“Sekarang target tahun 2021 khususnya tahap terakhir kita launching website untuk pelayanan kemasyarakatan terkait administasi,” ucap Ardi.

Kemudian Ardi menjelaskan, digitalisasi tersebut nantinya akan dikembangkan agar di mana pun warga dan perangkat desa berada, pelayanan dapat tetap dilakukan.

“Saat ini masih dalam pengembangan. September nanti kita akan laksanakan kegiatan pelatihan pelayanan digitalisasi,” pungkas Ardi.

Ardi mengaku, untuk saat ini Desa Cicalengka Wetan telah memiliki Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna Desa (Posyantek).

Diketahui sebelumnya, Posyantek Desa merupakan lembaga kemasyarakatan di tingkat desa yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi, dan orientasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG) sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Posyantek ini khususnya terkait dengan pengembangan inovasi teknologi. Terkait pemerintahan, pelayanan dan hal-hal untuk kemasyarakatan,” imbuh Ardi.

Sementara itu, terkait digitalisasi di Desa Cicalengka Wetan, Ardi menerangkan nantinya melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) selain sosialisasi kepada warga juga dilakukan proses penggunaan website.

“Sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat. Ketika berbicara penggunaan, tentunya sistem tersebut harus me-support,” kata Ardi.

Ardi mengatakan untuk saat ini pihak desa tengah disibukkan oleh berbagai macam kegiatan, namun ia menargetkan agar sistem pelayanan digital segera diselesaikan tahun ini.

“Sistem kita sudah 80 persen, sedang menyempurnakan. Meskipun banyak kegiatan yang dikerjakan, kita target September launching,” tuturnya.

Terkait digitalisasi di Desa Cicalengka Wetan yang ditargetkan tahun ini usai, Ardi mengatakan karena program tersebut telah dicanangkan dalam APBD pembangunan jangka menengah. (Mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan