Mengenai Perizinan Kerjasama TPPS Legok Nangka, Yana Mulyana: Itu Kewajiban Provinsi

BANDUNG – Terkait surat perizinan kerjasama TPPS Legok Nangka dengan Pemerintah Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan bahwa kerjasama ini harus diberikan juga oleh DPRD Jawa Barat.

“Jadi kemarin itu kita sama dewan yang terhormat hadir kesana, karena ada surat permohonan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat soal perizinan kerjasama TPPS Legok Nangka ini yang harus juga diberikan oleh dewan,” ungkapnya di Monumen Perjuangan (Monju) Kota Bandung, Kamis (27/5).

Sementara itu, Yana juga menambahkan bahwa pihaknya bersama-sama melihat ke lokasi mengenai bagaimana resisinya.

“Nah kita juga sama-sama lihat resisinya seperti apa, justru temen-temen Dewan itu minta, karena kalau gak salah saya baca, itu ada regulasi yang menyatakan bahwa masalah regional itu kewajibannya Provinsi,” ujarnya.

“Nah dengan itu sebetulnya, mudah-mudahan kita bisa tipping fee itu jadi bebannya Provinsi, kita ini hanya mengirim saja,” sambungnya.

Terkait hal tersebut, setelah melihat medan jalan ke TPPS Legok Nangka, Yana mengatakan bahwa dirinya tidak yakin bahwa truk-truk sampah milik pemerintah Kota Bandung tidak sanggup untuk sampai ke TPPS tersebut.

“Karena kalau kita lihat kemarin medan kesana ke Legok Nangka, sayang enggak yakin truk-truk Exiting atau sampah punya kita ini sanggup nyampai kesana, bisa mudun lagi karena medannya cukup berat,” ujarnya.

Dirinya sempat mendapat informasi mengenai konvektor yang berkapasitas 7 – 8 ton sekitar 2 milyar.

“Memang kita harus investasi, kemarin saya dapat info katanya konvektor itu yang kapasitas 7 sampai 8 ton itu sekitar 2 milyar untuk satu truk nya. Kalau kita lihat dengan ritase hanya bisa 2, mungkin kita bisa buruh sampai seratus truk gitu, itu juga beban buat APBD kita,” ujarnya.

Terkait hal itu, kini Pemerintah Kota Bandung kini sudah memiliki sekitar 50 – 60 truk yang beroperasi.

“Jadi kalau enggak salah, itu yang jalan bagus enggak sampai 100, 50 sampai 60 yang bisa. Tapi kan medannya beda sama TPPS Sari Mukti,” ungkapnya.

Yana juga mengatakan bahwa pihaknya sudah berbicara dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengenai Tipping fee untuk TPPS Legok Nangka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan