UPI Gandeng PT Semarak Retail Indonesia Kembangkan Museum Pendidikan Nasional

BANDUNG – Demi menghidupkan kembali fungsi museum sebagai sarana pembelajaran publik, Universitas Pendidikan Indonesia secara resmi menyepakati kerja sama dengan PT Semarak Retail Indonesia untuk merevitalisasi dan mengembangkan museum pendidikan nasional UPI yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat.

Nantinya, pembaharuan museum tersebut akan mengusung konsep eduwisata serta edupreneur.

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. M. Solehuddin mengaku sangat gembira dengan adanya perjanjian kesepakatan kerja sama tersebut. Menurutnya, kesepakatan kerja sama ini akan memberi dampak positif bagi publik, pemerintah dan universitas.

“Dengan hadirnya museum ini masyarakat dapat belajar cerita masa lalu sejarah. Museum kita kan museum sejarah, jadi publik nanti dapat belajar bagaimana perjalanan sejarah di bidang pendidikan di Indonesia. Ini yang kami harapkan,”ujarnya di kampus Universitas Pendidikan Indonesia, Selasa(25/5).

Keuntungan lain yang didapat dari proyek ini, para mahasiswa baik dari dalam dan luar UPI akan memiliki tempat belajar lain selain ruang kelas. Hal ini karena universitas memiliki kewajiban untuk mendorong mahasiswa melakukan pembelajaran di luar kampus sehingga memiliki pengalaman langsung.

“Maka dari itu kami membutuhkan mitra yang diharapkan juga PT Semarak Retail Indonesia ini mampu mewujudkan hal itu. Sehingga nantinya, kebutuhan para mahasiswa yang harus belajar di luar kampus dapat terpenuhi,” terangnya.

Menurut Solehudin, pihak universitas akan memperoleh benefit berupa Income Generating. Menurutnya, di masa modern seperti ini, suatu universitas harus mampu mengelola secara mandiri termasuk dalam bidang finansial. Maka dari itu, strategi yang dilakukan adalah dengan cara bekerja sama dengan berbagai pihak.

“Apalagi pemerintah sekarang sangat mendorong ragam upaya kerja sama dengan berbagai pihak. Melalui kerja sama ini secara prinsip kami berharap ada semacam muncul benefit untuk kedua belah pihak,” sambungnya.

Orang nomor satu di UPI ini pun meyakini bahwa rencana memperbaharui museum pendidikan tersebut akan berjalan lancar mengingat pihak pengembang PT Semarak Retail Indonesia memiliki rekam jejak yang sukses.

“Ini kerja sama yang luar biasa. Apalagi setelah mengetahui bahwa orang-orang yang ada di corporate tersebut sangat kompeten dan handal dalam pengembangan inovasi,” tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan