Hebat, Desa Cilayung Sumedang Masih Termasuk dalam Zona Hijau Covid-19

SUMEDANG – Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang gencar perangi virus Covid-19.

Setelah satu tahun lebih pandemi Covid-19 bergerak liar di Tanah Air, Desa Cilayung hingga saat ini masih termasuk dalam kategori zona hijau.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa (Kades) Cilayung Dedeng Saefurohman, bahwa warganya selalu memperhatikan protokol kesehatan serta mengikuti anjuran pemerintah.

“Cilayung masih zona hijau, Alhamdulillah. Tim relawan di tingkat RT dan RW sudah sering dikasih imbauan (penerapan prokes),” kata Dedeng kepada Jabar Ekspres saat ditemui di kantor Desa Cilayung, Selasa (24/5).

Dedeng menerangkan, saat peraturan larangan mudik Lebaran 2021 warganya diperingatkan agar tidak melakukan perjalanan pulang kampung.

Alhamdulillah yang mudik juga nol. Untuk Satgas (Covid-19) harus mencatat yang mudik dan tidak ada laporan yang mudik,” ujarnya.

Selain itu, Dedeng juga menuturkan, di perbatasan akses jalan ke luar desa saat peraturan larangan mudik Lebaran 2021 selalu dipantau sebagai antisipasi adanya warga yang memaksa mudik tanpa melapor.

Dedeng mengaku, melalui Satgas Covid-19 tingkat RT dan RW telah difasilitasi kebutuhan untuk mencuci tangan sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Corona.

“Relawan tingkat RT juga tingkat RW disediakan tempat cuci tangan, sudah difasilitasi dan kita pantau 5M,” pungkas Dedeng.

Meskipun warga Desa Cilayung banyak yang bekerja di luar daerah sebagai pekerja pabrik dan proyek bangunan, ujar Dedeng hingga saat ini belum ada yang terindikasi terpapar virus Covid-19.

“Terpantau alhamdulillah, melalui hasil rapid tes PCR di PT Kahatex, warga Cilayung alhamdulillah negatif,” imbuhnya.

Meskipun masih termasuk dalam kategori zona hijau di tengah pandemi Covid-19, Dedeng tetap mengimbau supaya warga Desa Cilayung tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai perlindungan diri. (Mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan