Jika Alami 3 Gejala Covid-19 ini, Segera Periksakan ke Rumah Sakit

JAKARTA – Sebagian besar infeksi Covid-19 cenderung lebih ringan. Dan orang yang terinfeksi dapat pulih dengan baik setelah perawatan. Namun, untuk kasus lainnya, virus cenderung menyebabkan gejala yang parah, dan bahkan dapat memengaruhi fungsi organ.

Bagi kebanyakan orang, gejala Covid-19 dimulai dengan hal yang sama seperti batuk atau demam. Namun, ternyata tingkat keparahan kemungkinan besar terlihat pada hari ke-5.

“Keparahan terjadi karena badai sitokin, yang menyebabkan sistem kekebalan melepaskan tubuh otomatis mematikan yang menghidupkan sel-sel sehat. Untuk beberapa, tingkat keparahan dapat difaktorkan ke kecenderungan genetik atau komorbiditas mereka,” kata Ahli Kesehatan dr. Mathew Varghese dari Rumah Sakit St. Stephens di New Delhi seperti dilansir dari Times of India, Senin (24/5).

Menurutnya hati-hati ketika pasien Covid-19 sudah kekurangan oksigen, sesak napas, komplikasi organ vital. Semuanya bisa menjadi tanda peringatan serius bahwa seseorang perlu dirawat di rumah sakit.

“Tingkat keparahan dan tanda peringatan Covid-19 yang parah dapat dikenali pada minggu awal permulaan infeksi,” katanya.

Selain penurunan kadar oksigen, nyeri dada, atau sesak napas, berikut juga beberapa tanda peringatan potensial yang harus diperiksa pada hari-hari awal agar jangan sampai masuk dalam kondisi serius. Apa saja?

1. Demam Berhari-hari

Demam tetap menjadi tanda infeksi yang paling klasik. Saat virus bermutasi, terbukti bahwa demam saja mungkin tidak muncul di semua kasus. Namun, bagi mereka yang memang mengalami demam, kenaikan suhu tubuh yang rendah, yang tidak turun setelah 4-5 hari menjadi masalah yang mengkhawatirkan.

Menurut dr. Verghese, selama tujuh hari pertama infeksi, pasien Covid-18 harus sangat berhati-hati tentang berapa lama demam berlangsung. Jika mereka mencatat demam yang tampaknya kembali, satu atau dua hari setelah sempat turun, namun tinggi kembali, perhatian medis mungkin diperlukan.

Demam yang tidak terkendali atau demam yang berlangsung selama lebih dari 6 hari berturut-turut dengan Covid-19 dapat menandakan kekhawatiran. Ini juga alasan mengapa hari 5-7 dianggap sebagai penanda penting bagi pasien Cov8d-19 karena ini adalah garis waktu ketika sitokin menyebar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan