Libur Lebaran, Aktivitas di Pasar Tradisional Kota Cimahi Masih Sepi

CIMAHI – Aktivitas jual beli di sejumlah pasar tradisional di Kota Cimahi masih sepi usai Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah. Kios-kios pedagang pun juga masih banyak yang tutup.

Seperti yang terpantau di Pasar Cimindi, Kota Cimahi pada Selasa (18/5). Hanya beberapa kios yang sudah buka, sedangkan kios lainnya masih tutup lantaran pemiliknya masih menikmati libur Lebaran.

Hani, salah seorang pedagang di Pasar Cimindi, banyak kios yang masih tutup karena sebagian pedagang masih libur Lebaran. Ia memperkirakan suasana akan kembali normal pada Senin depan, satu pekan setelah Idulfitri.

“Ya, mungkin masih dalam suasana Lebaran, aktivitas di pasar sepi. Orang-orang masih pingin liburan. Biasanya setiap Lebaran seperti itu,” ujarnya.

Biasanya, kata dia, pasar kembali ramai sepekan sesudah lebaran. “Yang belanja masih sedikit. Paling juga langganan yang biasa beli untuk dijual lagi di warung,” ucapnya.

Kepala Pasar Cimindi, Supriyadi juga berpendapat demikian. Sebagian besar kios di Pasar Cimindi masih tutup setelah Hari Raya Idulfitri karena masih ingin libur lebaran.

“Masih banyak yang tutup. Total kios yang ada disini 250 kios, setengahnya lebih masih tutup. Mungkin masih pingin libur. Perkiraan pada buka Senin depan,” sebutnya.

Kondisi yang sama juga dialami pasar tradisional lainnya yang dikelola Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, seperti Pasar Atas Baru, Pasar Melong, dan Pasar Citeureup. Banyak kios yang masih tutup pasca Lebaran. Hal itu diakui Kasubag Tata Usaha (TU) Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Pasar Kota Cimahi, Andri Gunawan.

“Iya hampir semua pasar tradisional di Cimahi masih sepi. Masih banyak kios yang tutup. Seperti kios-kios kue yang sempat dicek mah masih pada tutup. Waktu mau lebaran mah maremaan,” ungkapnya.

Pihaknya pun belum bisa memperkirakan kapan aktivitas jual beli ramai kembali. “Mungkin dua minggu lagi, tapi itu juga belum tentu karena sekarang masih pandemi Covid-19, daya belinya kurang,” tuturnya.

Terkait harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) setelah Lebaran, Andri mengatakan jika ada beberapa kepokmas yang mulai mengalami penurunan harga setelah sempat naik jelang Lebaran kemarin, seperti daging sapi dan daging ayam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan