Pemkot Cimahi Targetkan Vaksinasi COVID-19 Lansia Rampung Akhir Bulan

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menargetkan seluruh warga lanjut usia atau lansia yang berusia 60 tahun ke atas sudah disuntikan vaksin Corona Virus Disease (Covid-19) pada 29 Mei mendatang.

Tanggal tersebut juga bertepatan dengan momen Hari Lansia. Untuk mengejar target ini, Pemkot Cimahi membuat Gebyar Vaksinasi yang dimulai per hari ini, Senin (17/5) serentak di seluruh kelurahan di Kota Cimahi.

“Kita targetkan 29 Mei bisa tercapai seluruh Lansia diberikan vaksin,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Cimahi Tengah.

Ngatiyana menjelaskan, dipindahkannya lokasi vaksinasi Covid-19 dari Puskesmas ke kelurahan adalah untuk menghilangkan kesan ketakutan dari para lansia untuk divaksin. Sebab diakuinya masih ada warga yang enggan untuk divaksin.

“Jadi kita jemput bola di kelurahan. Untuk mengurangi kesan takut juga dari para lansia. Setiap titik kita targetkan 150 orang pertama hari,” sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi menambahkan, warga Kota Cimahi yang masuk kategori lansia yang sudah divaksin Covid-19 baru mencapai 29 persen atau sekitar 15 ribu.

Jumlah keseluruhan Lansia di Kota Cimahi sendiri mencapai sekitar 52 ribu. Data tersebut diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi.

“Vaksinasi Lansia di Kota Cimahi sudah mencapai 29 persen. Artinya kurang lebih 15 ribu Lansia yang sudah divaksin,” terang Pratiwi.

Dalam Gebyar vaksinasi Covid-19, pihaknya memberikan kesempatan bagi masyarakat yang non lansia atau usia 18-59 untuk ikut disuntik vaksin.

Dengan syarat harus membawa dua orang Lansia ke lokasi vaksinasi. Syarat lainnya hanya cukup membawa KTP dan nomor telepon aktif.

“Jadi kita berikan vaksin gratis untuk 1 orang pendamping yang membawa 2 orang Lansia,” jelas Pratiwi. (fey)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan