Hari Pertama Kerja Pascalibur Lebaran, Aktivitas ASN Pemda KBB Normal

NGAMPRAH – Aktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) berjalan normal pada hari pertama kerja pascalibur lebaran.

Pada hari itu juga, para ASN menyempatkan diri melakukan zoom meeting dan halal bihalal secara virtual dengan perangkat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lain bersama para camat, dengan dipimpin langsung oleh Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan.

Kepala Satpol PP KBB, Asep Sehabudin mengatakan, aktivitas perkantoran di kantornya berjalan normal.

Bahkan secara keseluruhan, semua pegawai dinas juga sudah mulai bekerja. Meski tidak dilakukan apel karena masih kondisi pandemi Covid-19, tapi semua ASN hadir di hari pertama kerja.

“Untuk personel di Satpol PP semua hadir. Tidak ada yang izin atau mengajukan tidak masuk karena sakit setelah libur lebaran ini,” ucapnya, Senin (17/5)

Namun lantaran personel Satpol PP banyak yang sedang bertugas di pos penyekatan mudik Lebaran sejak beberapa pekan lalu, maka suasana di kantor tidak terlalu ramai seperti biasanya.

“Hanya bagian administrasi dan petugas yang lepas piket saja yang standby di kantor untuk mengurus berkas dan surat-surat. Sementara sebagian besar bertugas di lapangan,” katanya.

Secara keseluruhan personel Satpol PP KBB mencapai 138 orang, di mana sebanyak 113 di antaranya adalah pegawai tenaga kerja kontrak (TKK).

Mereka hanya akan diperkenankan untuk mengajukan cuti atau libur setelah selesai tugas pos penyekatan arus mudik lebaran mendatang.

Jika ada ketahuan, anggotanya yang tidak melaksanakan tugas sesuai dengan perintah maka akan terancam sanksi sebagaimana diatur dalam PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin ASN.

Sanksinya berupa hukuman ringan teguran tertulis dan lisan, hukuman sedang, dan hukuman berat.

“Kalau ada yang melanggar jelas ada sanksinya sesuai disiplin ASN. Tapi saya rasa mereka sudah sadar akan tugas dan fungsinya, termasuk jam kerja usai libur lebaran,” pungkasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan