oleh

Kampung Toleransi di Kota Bandung, Antar Umat Beragama Saling Berbagi

BANDUNG – Kota Bandung memiliki sebuah Kampung Toleransi, salah satunya berada di Gang Ruhana RW 2, Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong.

Kampung Toleransi diresmikan oleh Pejabat Sementara Wali Kota Bandung saat itu pada 11 Mei 2018, di Gang Ruhana terdapat tiga rumah ibadah yang lokasinya berdampingan, yaitu Gereja Pantekosta, Vihara Giri Metta dan Masjid Al Amanah.

“Rumah ibadah yang pertama kali ada itu Gereja tahun 1936, Vihara tahun 1945-an, Masjid mah baru tahun 2014, 2015-an, masuknya di RW 2. Keberadaan Masjid, Vihara dan Gereja itu di RT 2,” ujar Rini Ambawrulan, 65, Ketua RW 2 saat ditemui di rumahnya, Jumat (14/5).

Baca Juga:  Senin Mendatang, Harga Tahu dan Tempe di Kota Bandung Bakal Naik

Rini Ambarwulan yang akrab disapa Tince ini mengatakan nama Kampung Toleransi merupakan hasil musyawarah antar para pemeluk agama yang ada di kampung tersebut.

Kerukunan yang terjalin di kampung toleransi yang berada di Gang Ruhana ini sudah terjalin dari dulu sampai sekarang.

“Dari sebelum disebut kampung toleransi juga, sudah tercipta toleransi. Malah kita gak tau juga itu namanya toleransi, jadi kebersamaan pas hari raya, pas imlek, begitu juga natal,” kata Tince.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut Vaksinasi Lansia di Kota Bandung Patut Dicontoh

“Hanya pas sepi itu pas tahun Covid aja. Tahun kemaren pas imlek itu sebelum Covid, kita di sini masih rame-rame masak-masak kayak pesta pokoknya mah,” sambungnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga