oleh

Lembaga Zakat Harus Hadirkan Kepercayaan Umat

Mengedepankan Integritas dan Selalu Berpegang pada Regulasi dan Hukum Agama

BANDUNG – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meminta lembaga pengeloal zakat selalu mengedepankan integritas. Sehingga, bisa memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk menyalurkan zakat, infak, maupun sedekah.

Oded menuturkan, data kajian Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyebutkan, saat ini zakat hanya tercatat sebesar Rp5 triliun yang terhimpun oleh berbagai lembaga pengelola.

Padahal, sebagai negara dengan pemeluk agama Islam mayoritas, Indonesia memiliki potensi zakat sebesar Rp217 triliun.

Baca Juga:  Sosialisasi ZIS Bagi Guru SD-SMP se-Kota Cimahi, Ini Harapan Ngatiyana

Untuk itu, Oded berpesan agar para pengelola berpegang pada regulasi. Utamanya yang berkaitan dengan hukam agama dalam rangka pengelolaan zakat ini.

Hal itu guna merangkul kepercayaan masyarakat untuk menitipkan zakatnya kepada lembaga pengelola.

“Untuk optimalisasi potensi zakat, harus terkelola dengan baik. Maka pertama, pengelola harus menghadirkan kepercayaan dari umat. Ketika umat sudah percaya kepada pengelola insyaallah potensi tadi bisa masuk,” kata Oded usai pelantikan Forum Zakat Jawa Barat di Auditorium Rosada, Minggu (9/5).

Baca Juga:  Sosialisasi ZIS Bagi Guru SD-SMP se-Kota Cimahi, Ini Harapan Ngatiyana

Menurutnya, kunci penting menghadirkan kepercayaan yakni lembaga pengelola harus memiliki integritas tinggi. Pengelolaan titipan zakat harus transparan dan akuntabel.

Dengan begitu, sambung Oded, potensi zakat dari masyarakat Indonesia bisa terkelola secara optimal. Selain itu, mampu tersalurkan secara maksimal. Sehingga sekaligus membantu pemerintah dalam menangani persoalan ekonomi.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga