oleh

2 Hari Penyekatan, 22 Ribu Kendaraan Mudik Berhasil Diputar Balik di Jabar

BANDUNG – Kegiatan penyekatan mudik Hari Raya Idul Fitri 2021 telah berlangsung 2 hari. Pada periode tersebut, ditemukan banyak kendaraan yang hendak mudik ke kampung halaman.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, di wilayahnya sebanyak 64 ribu kendaraan melintas diperiksa petugas. Dari jumlah tersebut, 22 ribu kendaraan diputar balik karena terindikasi akan mudik.

Proses penyekatan ini dilakukan di 158 titik. Seperti batas kota, gerbang tol, dan jalan-jalan tikus. “Sudah 22.000 (kendaraan) diputar balikkan karena ketahuan curi-curi mudik,” ujar Ridwan kepada wartawan, Sabtu (8/5).

Baca Juga:  Pemprov Jabar Ikuti Arahan Pusat, Emil Klaim PPKM Darurat Cukup Efektif

Mantan Wali Kota Bandung itu menyampaikan, proses pelarangan mudik berjalan sangat dinamis. Imbas adanya pemberitaan terjadinya penumpukan di berbagai daerah tujuan mudik, juga berpengaruh pada kondisi lalu lintas di jalan raya.

“Hikmahnya hari ini lalu lintas lebih lengang. Karena pemberitaan terjadinya dinamika luar biasa kemarin membuat yang mau mudik mengurungkan niat,” imbuhnya.

Di sisi lain, Ridwan memastikan kepada warga Jawa Barat mudik lokal atau aglomerasi juga tetap dilarang. Pelaku perjalanan hanya diizinkan yang terkait kegiatan produktivitas saja.

Baca Juga:  Penerima Bansos di Jabar Capai 7 Juta KK

“Sudah diputuskan aglomerasi itu diizinkan hanya kegiatan produktivitas, orang tinggal di Cimahi kerja di Bandung tidak akan dirazia, tidak akan disekat, tetapi tidak boleh dijadikan alasan untuk mudik,” jelasnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga