Berburu Malam Lailatul Qadr Dengan I’tikaf di Masjid Al-Lathiif Bandung

BANDUNG – Bulan Ramadhan dalam hitungan hari akan segera berakhir. Bagi seluruh umat Islam dianjurkan untuk memanfaatkan waktu 10 hari terakhir tersebut untuk mempergiat ibadah salah satunya dengan melakukan iktikaf di 10 malam terakhir di bulan Ramadan untuk mendapatkan malam lailatul Qadr.

Amalan sunah iktikaf memiliki arti berhenti atau berdiam diri di masjid dengan niat semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Amalan ini dapat dilakukan kapan saja dan hukumnya sunah. Namun, dianjurkan untuk dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Hal ini sebagaimana yang telah dilakukan Rasulullah SAW tercantum dalam sebuah hadis:

Dari Ubay bin Ka’ab dan A’isyah, Rasulullah SAW beriktikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, hingga Allah menjemputnya (wafat).

Iktikaf dilakukan dengan cara melakukan ibadah di masjid dengan bermuhasabah, introspeksi diri, membaca Alquran, berzikir, dan hal lainnya yang dapat mendakatkan diri kepada Allah SWT.

Melakukan iktikaf di masjid pada malam hari merupakan sebuah harapan dan semangat dalam upaya menunggu turunnya lailatul qadar. Hal ini dikarenakan iktikaf salah satu keutamaan malam lailatul qadar.

Salah satu masjid yang mengadakan kegiatan itikaf di Kota Bandung adalah masjid Al-Lathiif yang berada di jalan saninten No.2, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, kegiatan itikaf di masjid Al-Lathiif ini rutin digelar setiap tahun, namun pada tahun lalu terhenti karena adanya wabah covid-19 di Indonesia.

Tahun ini masjid Al-Lathiif kembali menggelar Kegiatan Itikaf yang dimulai sejak tanggal 21-30 Ramadan 1442 Hijriah atau sejak tanggal 2-12 Mei 2021. Pelaksanaan Itikaf di masjid Al-Lathiif tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hal ini dijelaskan oleh Annisa (22) salah satu panitia penyelenggara itikaf di Masjid Al-Lathiif

“iya pelaksanaan itikaf tahun ini agak berbeda ya, sesuai dengan aturan pemerintah, kegiatan itikaf boleh dilakukan tapi hanya dengan kapasitas 50% saja, tapi alhamdulillah meski begitu antusias warga Bandung yang mau beritikaf juga masih banyak” Jelasnya saat diwawancarai Jum’at (07/05/2021)

Kegiatan itikaf di Masjid Al-Lathiif ini juga sangat memperhatikan protocol kesehatan, hal ini terbukti saat pelaksanaan itikaf di masjid, jamaah yang akan memasuki wilayah masjid akan melakukan pengecekan kesehatan serta wajib memperhatikan protocol kesehatan yang dilaksanakan dengan tertib seperti memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan