Berburu Malam Lailatul Qadar, Masjid Al-Lathiif Gelar Itikaf dengan Prokes Ketat

BANDUNG – Sepuluh hari terakhir bulan Ramadan menjadi kesempatan emas bagi umat muslim untuk memburu malam lailatul qadar. Salah satunya dengan memperbanyak ibadah itikaf di masjid.

Amalan sunah itikaf memiliki arti berhenti atau berdiam diri di masjid dengan niat semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Amalan ini dapat dilakukan kapan saja dan hukumnya sunah. Hal ini sebagaimana yang telah dilakukan Rasulullah SAW tercantum dalam sebuah hadist.

Dari Ubay bin Ka’ab dan A’isyah, Rasulullah SAW beriktikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan, hingga Allah menjemputnya (wafat).

Itikaf dilakukan dengan cara melakukan ibadah di masjid dengan bermuhasabah, introspeksi diri, membaca alquran, berzikir, dan hal lainnya yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Salah satu masjid yang mengadakan kegiatan itikaf di Kota Bandung adalah masjid Al-Lathiif yang berada di Jalan Saninten Nomor 2, Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, kegiatan itikaf di masjid Al-Lathiif ini rutin digelar setiap tahun, namun pada tahun lalu terhenti karena adanya wabah Covid-19 di Indonesia.

Tahun ini masjid Al-Lathiif kembali menggelar kegiatan Itikaf yang dimulai sejak tanggal 21-30 Ramadan 1442 hijriah atau sejak tanggal 2-12 Mei 2021.

Pelaksanaan Itikaf di masjid Al-Lathiif tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan Annisa,22, salah satu panitia penyelenggara itikaf di Masjid Al-Lathiif.

“Iya pelaksanaan itikaf tahun ini agak berbeda ya, sesuai dengan aturan pemerintah, kegiatan itikaf boleh dilakukan tapi hanya dengan kapasitas 50% saja, tapi alhamdulillah meski begitu antusias warga Bandung yang mau beritikaf juga masih banyak,” katanya, Jumat (7/5).

Kegiatan itikaf di Masjid Al-Lathiif ini juga sangat memperhatikan protokol kesehatan, hal ini terbukti saat pelaksanaan itikaf di masjid, jamaah yang akan memasuki wilayah masjid akan melakukan pengecekan kesehatan serta wajib memperhatikan protokol kesehatan yang dilaksanakan dengan tertib seperti memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Itikaf di Masjid Al-Lathiif menerapkan prokes lantaran masih pandemi. “Karena sekarang lagi pandemi ya, yang mau itikaf juga tentu ada syaratnya, supaya mencegah penyebaran Covid-19 juga, syaratnya yaitu peserta yang akan full itikaf atau menginap diharapkan membawa sleeping bag pribadi, disarankan jamaah agar berkomitmen untuk mengikuti program itikaf di 10 hari terakhir ramadan, karena kita di sini juga kekurangan lahan parkir disarankan jamaah menggunakan transportasi umum/online,” tandasnya. (mg8/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan