Berbagi Berkah Ramadan, LDII Jabar Bagikan Puluhan Ribu Paket Takjil

BANDUNG – Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Jawa Barat menginisiasi 27 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kota/Kabupaten se-Jawa Barat membagikan puluhan ribu paket takjil dan paket buka puasa di seluruh wilayah Jawa Barat secara serentak, Jumat (30/4). Kegiatan ini sebagai bagian dari berbagi berkah Ramadan.

Pembagian takjil dan menu buka puasa ini diberikan kepada para pengendara yang melintas titik-titik keramaian yang sudah ditentukan masing-masing DPD, Pimpinan Cabang (PC), dan Pimpinan Anak Cabang (PAC). Sementara DPW LDII Provinsi Jabar sendiri membagikan seribu takjil di depan Gedung Sate.

Selain di tingkat DPD, pembagian takjil juga dilaksanakan di tingkat PC (setingkat kecamatan) dan PAC (setingkat kelurahan/desa). Sehingga kegiatan ini semarak dilaksanakan di seluruh wilayah Jawa Barat. Hingga kini, terdapat 27 DPD LDII Kota/Kabupaten, 364 PC LDII tingkat kecamatan dan 681 PAC LDII tingkat kelurahan.

Ketua DPW LDII Provinsi Jawa Barat, drg. H. Dicky Harun, Sp.Ort mengatakan, kegiatan bagi takjil adalah Program LDII Peduli yang merupakan program Biro Abdimas (Pengabdian Masyarakat) yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Untuk tahun lalu, kami melaksanakan tidak terkordinasi dengan DPD, masing-masing membuat acara. Alhamdulillah tahun ini kami inisiasi dan bergerak bersama di hampir semua daerah se-Jawa Barat. Kami hanya memberikan instruksi dan pendampingan ke DPD, selanjutnya DPD melanjutkan instruksi dan pendampingan ke PC dan PAC,” urainya.

Menurutnya, teknis pembagian takjil diserahkan ke DPD masing-masing sesuai kondisi setempat. Ada yg dilaksanakan di beberapa titik, ada juga yang dilaksanakan di sekitar masjid tempat kegiatan warga LDII.

”Kalau DPW melaksanakan di dua titik, yaitu di depan Gedung Sate dan pelataran Lapangan Gasibu,” imbuhnya.

Program LDII Peduli ini, papar Dicky, merupakan bagian dari kegiatan LDII sebagai ormas Islam yang tidak hanya berdakwah dengan ucapan saja, namun juga dengan perbuatan, sekaligus berbagi berkah Ramadan dengan pengguna jalan yang melintas. Sehingga memudahkan mereka untuk berbuka ketika waktunya tiba.

“LDII juga sebagai ormas yang  melaksanakan dakwah, tidak hanya melalui bil lisan, namun juga bil hal. Sehingga ucapan dan perilaku/kerja itu nyata. Sesuai konsep LDII yakni 3K yaitu karya, kontribusi dan komunikasi. Harapan kami,  walaupun bentuknya kecil berupa pembagian makanan untuk berbuka puasa atau takjil, namun tetap bisa memberi kontribusi nyata dalam berdakwah. Sasaranya siapapun yg berkenan menerima. Namun kami memberi arahan untuk diberikan bagi yang membutuhkan,” urainya. (ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan