oleh

Dapat THR Juga Loh, Segini Kira-kira Besar THR Presiden dan Wakil Presiden

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan, bahwa pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bukan hanya didapat kalangan ASN/PNS dan TNI/Polri, melainkan juga golongan anggota DPR hingga Presiden dan Wakil Presiden.

Kepastian tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42 Tahun 2021. Dalam beleid tersebut, tertuang bahwa penerima THR dan gaji ke-13 tersebut termasuk presiden dan wakil presiden, menteri, serta anggota DPR.

Baca Juga:  Waduh! 20 Persen Keluarga Miskin Tak Penah Dapat Bansos Covid-19

Adapun ketentuan terkait gaji presiden dan wapres diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Dalam pasal 2, disebutkan besaran gaji untuk presiden dan wakil presiden, namun tidak dalam angka.

Beleid ini menentukan gaji presiden adalah 6 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain Presiden dan Wakil Presiden. Sementara Wapres dapat 4 kali lipat gaji tertinggi pejabat negara.

Baca Juga:  Jokowi 3 Periode, Demi Kebaikan Bangsa, Lho?

Lantas, kira-kira berapa ya THR dan gaji ke-13 yang diterima kepala negara dan wakil kepala negara?

Saat ini, gaji tertinggi dipegang jabatan Ketua MPR/DPR/DPR/BPK/MA sebesar Rp 5.040.000 per bulan. Bila menggunakan angka ini, maka gaji pokok presiden adalah sebesar Rp30.240.000 dan wapres adalah Rp20.160.000.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga