oleh

Disdukcapil KBB Antarkan KTP Langsung ke Rumah Warga

NGAMPRAH – Masyarakat di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) semakin dimanjakan dalam pelayanan pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Pasalnya tanpa harus ke luar rumah, mereka bisa menerima fisik KTP elektronik dan Kartu Identitas Anak (KIA) karena diantarkan oleh petugas usai selesai pencetakan.

“Semua pelayanan sekarang dilakukan online, bahkan mereka yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik, kalau sudah jadi diantarkan oleh petugas ke rumahnya,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), KBB, Hendra Trismayadi, Kamis (29/4).

Baca Juga:  Beredar Wacana Jenis Kelamin Waria Tercantum e-KTP? Begini Tanggapan Mendagri

Menurutnya pihaknya sudah bekerja sama dengan petugas dari PT Pos untuk pengantaran KTP-El dan KIA. Sehingga warga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan karena semua sudah dibayar.

“Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan prima ke masyarakat,” terang Hendra.

Terlebih selama pandemi Covid-19 pelayanan semua pelayanan dilakukan secara online. Jadi tidak ada kerumunan atau antrean masyarakat di kantor Disdukcapil. Hal ini juga sekaligus menutup peluang adanya pungli atau praktik pencaloan yang bisa membebani masyarakat.

Baca Juga:  Kawasan Punclut 'Absen' PAD, Begini Penjelasan Dewan

“Selain menggunakan petugas Pos kami juga melalui program Si Layung (Sistem Pelayanan Antar Langsung) mengoptimalkan petugas di desa dan kecamatan dalam memberikan pelayanan KTP supaya gampang,” imbuhnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga