Camat Cicalengka, Ajak Para Kades Gelar Vaksinasi untuk Warga

BANDUNG – Berbagai upaya pemerintah lakukan dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Selain dengan menjaga protokol kesehatan, upaya lainnya adalah dengan vaksinasi.

Oleh karena itu, Pemerintahan Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung memberikan vaksinasi bagi warganya, menyasar penduduk lanjut usia (lansia) berumur 60 tahun ke atas.

Vaksinasi tersebut berlangsung di kantor Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka pada Rabu (28/4).

Terkait hal itu, Kepala Desa Panenjoan, Asep Suryatna mengatakan, target vaksin lansia dengan usia 60 tahun ke atas ada sekiranya 900 dosis vaksin.

Asep melanjutkan, pelaksanaan vaksinasi bagi lansia dengan jumlah sekiranya 900 dosis akan dibagi menjadi beberapa tahap.

“Dibagi menjadi empat tahap. Dan minggu ini mulai hari Sabtu, Rabu, Kamis dan Rabu tanggal 5 Mei 2021,” kata Asep kepada Jabar Ekspres di kantor Desa Panenjoan pada Rabu (28/4).

Sementara itu, tim penanganan vaksin Covid-19 dari UPTD Puskesmas Cicalengka menerangkan, lansia yang ingin mendapatkan vaksinasi harus dalam kondisi sehat.

“Apabila memiliki riwayat sakit maka sebaiknya untuk mengkonsultasikan kepada petugas medis yang menangani, apakah diperbolehkan untuk menerima vaksin atau tidak,” ujar Asep.

Sebelum dilakukan vaksinasi, seluruh peserta terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan verifikasi data.

Kemudian para peserta vaksinasi perlu melakukan pengecekan kesehatan, seperti pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah.

Dalam rangka mempercepat vaksinasi, Asep menerangkan, pihak desa siap menjemput warga Desa Panenjoan, terutama lansia yang hendak melakukan vaksinasi namun terhalang jarak atau tidak ada kendaraan.

“Bagi warga yang akan ikut vaksin, pemerintahan desa menyiapkan kendaraan untuk melakukan penjemputan. Terutama bagi lansia yang kondisinya tidak memungkinkan untuk berjalan kaki atau tidak bisa datang karena tidak memiliki kendaraan,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, Camat Cicalengka, Entang Kurnia menyampaikan apresiasi terhadap antusiasme warga yang ingin mengikuti program vaksinasi tersebut.

Camat meminta warga bersabar menanti giliran vaksinasi, mengingat jumlah stok vaksin yang masih terbatas.

Ia juga mengingatkan, meskipun telah melakukan vaksinasi, semua peserta tetap wajib menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari hari.

“Walaupun sudah divaksin, harus tetap jaga protokol kesehatan, harus tetap pakai masker,” tutur Entang kepada Jabar Ekspres di lokasi pada Rabu (28/4).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan