oleh

Menkes Sebut Mutasi Ganda Covid-19 India Sudah Masuki Indonesia

JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan bahwa mutasi Covid-19 dari India sudah mulai masuk ke Indonesia. Saat ini, sedikitnya sudah 10 orang terpapar Covid-19. Para ahli bahkan menyebut India terpapar mutasi ganda.

Direktur Sekolah Pasca Sarjana Universitas YARSI sekaligus Mantan Direktur WHO SEARO Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan, varian dan mutasi baru ini merupakan salah satu dari lima analisis kemungkinan naiknya kasus di India belakangan. Untuk mutasi ini, ada dua kelompok besar di India.

Baca Juga:  Vietnam Sulit Lawan Covid-19, Minta SEA Games 2021 Hanoi Ditunda

Pertama, India memang sudah melaporkan adanya jenis ‘Variant of Concern’ (VOC) yang sudah dikenal luas, yaitu B.1.1.7 yang pertama kali di deteksi di Inggris pada 20 September 2020 dan kini sudah ada di 130 negara di dunia termasuk Indonesia. Kedua adalah B.1.351 yang pertama kali dilaporkan di Afrika Selatan pada awal Agustus 2020 dan sekarang sudah ada di lebih dari 80 negara dan dilaporkan mungkin mempengaruhi efikasi vaksin, termasuk Astra Zeneca yang digunakan di Indonesia.

Baca Juga:  Hendropriyono: Buat Apa? Palestina Tidak Akan Berterimakasih Kok

Kemudian P 1 atau B.1.1.28.1 yang awalnya dilaporkan di Brasil dan Jepang yang kemudian sudah menyebar ke sekitar 50 negara didunia. Ketiga jenis VOC ini tentu mungkin jadi salah satu penyebab kenaikan kasus di India.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga