oleh

Musim Pancaroba, Masyarakat Diminta Waspada Cuaca Ekstrem

BANDUNG – Koordinator Data dan Informasi BMKG Bandung Rasmid mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai hujan deras disertai es, angin puting beliung dan petir pada musim pancaroba.

“Peralihan musim diperkirakan akan berlangsung April hingga Mei. Sekarang di bulan April masa peralihan musim penghujan ke kemarau, atau masa pancaroba transisi akan berlangsung April-Mei,” ujarnya di Taman Sejarah Jalan Aceh Kota Bandung, Selasa (20/4).

Rasmid mengatakan fenomena yang sering terjadi pada masa pancaroba adalah hujan deras dengan durasi singkat, muncul puting beliung, petir dan hujan es.

“Curah hujan tahun ini ekstrem sehingga terjadi bencana. Fenomena La Nina masih terjadi hingga Mei, namun dengan intensitas yang menurun dan cenderung menuju titik normal,” katanya.

Rasmid menuturkan, puncak musim kemarau akan terjadi pada Agustus mendatang di seluruh wilayah Jawa Barat dengan tingkat kekeringan yang berbeda di tiap wilayah. Dia kembali mengingatkan masyarakat selalu waspada.

“Karena berada pada masa transisi, ya mungkin harus dihindari ketika terjadi hujan cukup lebat itu dari papan reklame, pohon yang sudah tua atau menjauhi saluran sungai-sungai yang sering menimbulkan banjir,” pungkasnya.
(MG8)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga