Pemerintah Sebut KKB Harus Ditindak Tegas

JAKARTA – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua sudah banyak meresahkan masyarakat sekitar dimana aksi terornya sudah banyak memakan korban jiwa. Karena itulah, Polri dan TNI diminta untuk tidak ragu membuat tindakan tegas tanpa ragu.

“Aparat TNI-Polri untuk terus melakukan pengejaran serta melakukan tindakan tegas terukur terhadap KKB tersebut. Hal ini perlu dilakukan segera agar tidak terjadi lagi kasus-kasus penembakan yang meresahkan masyarakat khususnya warga di kota Illaga,” kata Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam keterangannya, Jumat (16/4).

Diketahui rangkaian kekerasan yang terus terjadi di wilayah pegunungan Papua, terutama di Kabupaten Puncak. Terakhir penembakan menewaskan seorang pengemudi ojek di Kampung Eromaga, Distrik Omikia, Kabupaten Puncak. Sebelumnya KKB melakukan pembakaran dan penembakan di Kampung Julukoma yang menyebabkan dua orang guru meninggal dunia.

Dia meminta aparat TNI-Polri terus mempersempit ruang gerak KKB sampai pada titik terlemahnya menyerahkan diri ke NKRI.

“Saya meminta aparat untuk dapat melibatkan Badan Intelijen Nasional (BIN), mengingat informasi yang disampaikan BIN, sangat dibutuhkan dalam penyusunan langkah dan strategi penumpasan gerakan KKB di Papua,” ujarnya.

TNI-Polri juga harus meningkatkan kewaspadaan, penjagaan, dan keamanan di setiap objek vital di Papua termasuk di lingkungan penduduk. Sehingga bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat. Begitupun masyarakt harus terus waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan lainnya. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan