Pemprov Jabar Kawinkan 3 BUMD dengan PT Krakatau Steel Tbk

CILEGON – Guna menumbuhkan pemulihan ekonomi serta kinerja bisnis di tahun 2021. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengawinkan tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jabar PT Krakatau Steel Tbk.

Perkawinan kerja sama tersebut, disaksikan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian. Sementara ketiga BUMD tersebut diantaranya Bank Jabar Banten (bank bjb), PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB), dan PT Tirta Jabar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku menghadiri pertemuan tersebut untuk menjajaki kerja sama tiga BUMD Jawa Barat dengan PT. Krakatau Steel Grup.

“Saya membawa muhibah bisnis, ada tiga BUMD kami yang akan bekerja sama dengan program dari grup Krakatau Steel ini. Yang pertama Tirta Gemah Ripah, kemudian kedua BJB yang akan mengembangkan kota baru dan yang ketiga Bank BJB sendiri,” kata Ridwan Kamil kepada wartawan di Cilegon, Kamis (15/4).

Ia pun mengatakan momen kerjasama ini akan memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Saya menyambut baik hal ini, karena ini merupakan bentuk perwujudan sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Jadi yang maju bukan hanya BUMN, tetapi juga BUMD,” katanya.

“Dua-duanya sama, ujung-ujungnya pendapatan perusahaan baik BUMN maupun BUMD akan mengalir ke masyarakat. Kerja sama ini jadi percikan sinergi untuk memberikan kebaikan,” tambahnya.

Dia juga meyakini sinergi antar BUMN dan BUMD di Jawa Barat tersebut akan berlangsung dengan saling menguntungkan, mengingat kinerja sejumlah BUMD di Jawa Barat yang tetap gemilang di masa pandemi Covid-19, tak terkecuali bank bjb.

“bank bjb ini adalah BPD terbaik se-Indonesia. Ketika yang lain (pertumbuhannya) minus, ini satu-satunya bak yang semua pertumbuhannya positif. Kuncinya satu, saya tidak pernah kompromi dengan SDM-nya, tidak ada intervensi dalam pemilihannya,” paparnya.

Sementara itu, Salahudin Rafi selaku Direktur BIJB mengatakan, Gubernur Ridwan Kamil membawa BUMD ke PT Krakatau Steel dalam rangka penjajakan sejumlah kerja sama strategis, salah satu yang ditawarkan, yakni bisnis pengelolaan kawasan di Aerocity di BIJB, Kertajati, Majalengka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan