Nakes di Kabupaten Bandung Barat Belum Terima Insentif Sejak Tahun Lalu

NGAMPRAH – Tenaga kesehatan (nakes) di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengeluhkan belum cairnya insentif penanganan Covid-19. Insentif yang masih mengendap itu sejak empat bulan terakhir terhitung pada Desember 2020 hingga Maret 2021.

“Sudah empat bulan insentif kami nakes di Bandung Barat belum dicairkan,” ungkap salah seorang nakes di fasilitas pelayanan kesehatan milik Pemda KBB, yang enggan disebutkan namanya, Kamis (15/4).

Dirinya mengaku sudah sempat mencoba menanyakan perihal keterlambatan pencairan tersebut namun dirinya tak mendapatkan jawaban memuaskan.

“Sudah pernah ditanyakan tapi ya jawabannya memang tidak memuaskan karena mereka juga tidak memberikan jawaban yang detail. Tapi kabarnya memang sudah dianggarkan, hanya belum tahu kapan cairnya,” tuturnya.

Faktanya keterlambatan pencairan insentif untuk nakes khususnya di Bandung Barat sendiri bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya hal serupa dialami para nakes meskipun akhirnya mereka menerima insentif tersebut.

“Sudah pernah, tahun sebelumnya juga terlambat pencairan insentif. Walau akhirnya memang dibayarkan juga,” katanya.

Tak cuma mengeluhkan soal keterlambatan pencairan nakes, mereka juga mengkritisi sarana dan prasarana bagi nakes di Bandung Barat yang langsung bersentuhan dengan pasien terpapar Covid-19.

“Sebetulnya bukan cuma insentif yang bermasalah, tapi mengenai sarana prasarana, pelayanannya, mengenai intervensi atau kebijakan pimpinan di Bandung Barat mengenai klaim Covid-19 yang ke mana perginya, itu juga jadi masalah buat kami para nakes,” terangnya.

Kendati dihantam banyak permasalahan, namun ia dan nakes lainnya di Bandung Barat tetap bekerja secara profesional menangani pasien Covid-19 yang silih berganti setiap harinya.

“Kami sama dengan yang lainnya, sama-sama lelah, capek, dan ingin urusan Covid-19 ini segera selesai. Cuma kami sadar kalau itu tidak mungkin. Makanya kami tetap bekerja secara profesional, saling mengingatkan dengan rekan nakes lainnya untuk berjuang selama pandemi ini ada,” tegasnya.

Sementara itu pihak Pemda KBB sendiri belum memberikan jawaban apapun saat dikonfirmasi perihal keterlambatan pencairan insentif nakes sejak empat bulan lalu. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan