Membandingkan Redmi Note 10 dengan Realme 8

JAKARTA – Seri Redmi Note adalah ponsel dari Xiaomi yang menyasar ke kelas menengah. Meski demikian, ponsel ini hadir dengan segudang fitur dan spesifikasi yang melebihi ponsel lain di kelasnya. Sebut saja Redmi Note 10 yang baru-baru ini resmi dirilis di Indonesia, ponsel ini digadang-gadang hadir dengan spesifikasi yang lebih baik dari ponsel di kelasnya.

Agar dapat membuktikan klaim tersebut, di sini akan membandingkan spesifikasi Redmi Note 10 dengan Realme 8. Sebagai informasi, Realme merupakan ponsel yang masuk ke segmen kelas menengah yang baru-baru ini juga meluncur ke Indonesia.

Layar

Redmi Note 10 adalah seri Redmi Note pertama yang menggunakan layar berbasis teknologi Super AMOLED. Berbeda dengan panel konvensional, Super AMOLED tidak menggunakan penerangan tambahan untuk filter layar sehingga menampilkan warna. Artinya, setiap piksel Super AMOLED dapat mengeluarkan cahaya sendiri.

Karena tidak menggunakan panel tambahan sebagai penerangan, maka Super AMOLED memiliki desain yang lebih tipis ketimbang teknologi layar lainnya. Profil yang tipis dari panel tersebut dapat pula memungkinkan ponsel berdesain tipis dan ringan.

Fakta bahwa setiap piksel Super AMOLED dapat aktif sendiri, memungkinkan kualitas kontras yang sangat tinggi serta lebih hemat baterai lantaran hanya mengaktifkan cahaya piksel sesuai kebutuhan. Ketika ponsel berbasis Super AMOLED masuk ke dalam mode gelap, maka efisiensi daya baterainya akan lebih tinggi.

Di sisi lain, ponsel Realme 8 juga memiliki teknologi layar Super AMOLED seperti Redmi Note 10. Meski demikian, Xiaomi membekali layar Redmi Note 10 dengan kecerahan maksimal 1.100 nit, dimana Realmi 8 hanya memiliki kecerahan maksimal 1.000 nit. Ini berarti bahwa Redmi Note 10 akan lebih dapat menangkal gangguan refleksi pada cahaya di sekitarnya.

Prosesor

Redmi Note 10 adalah ponsel pertama di tahun ini yang menggunakan prosesor Snapdragon 678. Prosesor ini menawarkan peningkatan performa kamera dan pengalaman bermain gim dengan tetap menjaga efisiensi daya baterai.

Sementara itu, Realme 8 diperkuat dengan prosesor MediaTek Helio G95. Prosesor ini menggunakan basis pabrikasi berukuran 12 nm. Sedangkan Snapdragon 678 yang mentenagai Redmi Note 10 hadir dengan pabrikasi 11 nm.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan