oleh

bank bjb Siap Wujudkan Komitmen Sebagai Akselerator Pembangunan Jabar

BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Tahun 2021 untuk Penyusunan RKPD Provinsi Jabar Tahun 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (12/4/2021). Acara tersebut merupakan puncak rangkaian proses perencanaan daerah tahunan yang melibatkan para kepada daerah dan pemangku kebijakan lainnya.

Tujuan acara tersebut adalah menyepakati usulan-usulan program prioritas Jabar di 2021. Salah satu hal yang menjadi bahasan adalah soal pentingnya kolaborasi antar stakeholder untuk menghasilkan inovasi demi menyongsong masa depan Jabar yang lebih baik pascapandemi Covid-19.

Baca Juga:  bank bjb Dorong Investasi Pasar Modal di Jawa Barat Melalui bjb Sekuritas

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, bentuk kolaborasi tersebut dirumuskan dalam skema pentahelix ABCGM, yakni sinergi antara akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah dan media. Sinergi tersebut perlu diwujudkan sebagai roda penggerak inovasi Jabar, yang salah satu bentuknya adalah dengan mengoptimalisasi penghimpunan dana pembangunan daerah di tengah keterbatasan akibat pandemi.

“Di 2022 kita harus optimis, meskipun dana terbatas karena pandemi Covid-19, tetap tidak boleh menyerah. Jangan anggap pembangunan Jabar itu hanya berasal dari APBD, itu membuat pembangunan kita bergerak hanya 60 kilometer per jam,” ungkap Ridwan Kamil dalam paparannya.

Baca Juga:  Dirut bank bjb Yuddy Renaldi Raih Penghargaan CEO Terbaik BPD di Indonesia

Dia menyebutkan, terdapat delapan mesin yang akan mengakselerasi pembangunan di Jabar, yakni dana APBD kota dan kabupaten, APBD provinsi, APBN, perbankan, CSR perusahaan, obligasi daerah, kerjasama dengan BUMD, dan dana umat. Masing-masing sumber perlu dimaksimalkan agar dapat berkontribusi pada kemaslahatan masyarakat.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga