Muslimah, Ini Loh Amalan Pengganti Saat Haid Bulan Ramadan

JAKARTA – Ramadan adalah bulan yang mulia dan paling dinanti oleh tiap umat muslim diseluruh dunia. Terlebih saat bulan Ramadan inilah seluruh amalan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Jadi siapa sih yang tidak ingin terus menimbah amalan dibulan Ramadan.

Namun bagi kaum muslim khususnya wanita tidak dapat melakukan puasa atau tadarus Al-Quran dikarenakan fitrahnya, seperti haid atau datang bulan tiap bulannya. Lalu bagaimana caranya agar tetap optimal beribadah dimasa haid untuk muslimah. Berikut beberapa hal yang bisa muslimah lakukan saat sedang haid dibulan puasa.

Pertama, Berdzikir. Berdzikir saat haid tentu diperbolehkan, terlebih saat seperti inilah muslimah akan memiliki banyak waktu untuk berdzikir dan mengagungkan nama Allah, dengan begini maka pahala ibadah bisa terus mengalir.

Kedua, Bersedekah. Bersedekah selain menambah pahala ibadah kita namun juga membantu sesama terlebih kepada mereka yang membutuhkan. Bayangin deh, sedekah yang kita beri bisa untuk mereka berbuka puasa atau sahur. MasyaAllah. 

Ketiga adalah Menuntut Ilmu. Bagi muslimah yang suka akan ilmu pengetahuan, salah satunya bisa memanfaatkan waktu dengan belajar untuk menggali ilmu. Perihal menuntut ilmu juga tertuang dalam hadist riwayat Ad-Dailami: “Belajarlah ilmu, sesungguhnya belajar ilmu karena Allah adalah suatu bentuk ketakwaan. Mencari ilmu adalah ibadah, menelaahnya adalah tasbih, dan mengkajinya adalah jihad.”

Keempat cobalah membuat menu berbuka puasa. Bisa menyiapkan makanan untuk saudara, keluarga atau yang lainnya. Hal ini ternyata berpahala, karena nilai bagi yang menghidangkan makanan untuk yang berpuasa mendapat pahala yang sama dengan yang berpuasa loh.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh At-Tirmidzi: Dari Zaid bin Khalid Al Juhani Berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka puasa, dia mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.” (HR. At-Tirmidzi).

Terakhir, lebih banyak berdoa. Mintalah pertolongan Allah dan ikhlas dengan segala kehendaknya. Berserah diri adalah jalan paling ampuh untuk mendapatkan seluruh ridhoNya. Jangan lupa untuk selalu berdoa dikala haid maupun suci. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan