10 Klub Sepak Bola Termahal, Adakah Klub Favoritmu?

JAKARTA – Olahraga saat ini menjadi bagian penting bagi sebagian perusahaan untuk membesarkan dan memasarkan produk mereka kepada publik. Khususnya sepak bola, olahraga satu ini memiliki peringkat teratas dalam hal penggemarnya di dunia.

Maka tak pelak, banyak perusahaan-perusahaan besar dunia yang rela menggelontorkan dana jutaan dolar Amerika untuk mensponsori klub-klub sepak bola top eropa.

Penelitian yang dilakukan oleh Deloitte melaporkan, terdapat 20 klub teratas di dunia yang menunjukkan bahwa 43 persen pendapatan yang mereka raih setiap tahunnya berasal dari nilai kontrak mereka bersama sponsor-sponsor yang bersangkutan. Hal ini jelas membuat sponsor menjadi bagian utama dalam keseimbangan dana dalam sebuah klub.

Terbaru, klub raksasa Ingris, Manchester United (MU) telah resmi mendapatkan sponsor baru di jersey mereka mulai musim depan, menggantikan Chevrolet yang akan habis kontraknya akhir musim ini setelah bekerja sama 7 tahun.

Dilansir Daily Mirror, sponsor baru pengganti Chevrolet tersebut adalah TeamViewer, sebuah perusahaan teknologi global yang berasal dari Jerman. Kontrak kerja sama antara TeamViewer dan MU sendiri diketahui akan berdurasi 5 tahun.

Nilai sponsor baru yang diincar Manchester United dikabarkan jauh lebih besar dibanding nilai kontrak dengan Chevrolet. Namun, belum diketahui secara detail berapa kenaikannya.

Saat ini saja, Setan Merah sudah menjadi klub yang mendapatkan nilai sponsor utama jersey yang tertinggi di dunia. Nilai kontrak MU dengan perusahaan raksasa mobil asal Amerika Serikat itu bernilai 61 juta pounds (Rp1,22 triliun) per musim.

Selain Manchester United, klub lain yang mendapatkan nilai kontrak jersey yang tinggi adalah Real Madrid. Klub raksasa La Liga menempati peringkat kedua, dengan mengantongi 60 juta pounds (Rp1,2 triliun) semusim dari Fly Emirates.

Dilansir Football Italia, Selasa (13/4/2021), klub raksasa Italia, Juventus juga baru menandatangani kontrak baru senilai $ 53,1 juta setahun dengan Jeep hingga 2023. Dengan nilai itu, Si Nyonya Tua masuk jajaran sepuluh besar klub sepak bola dengan nilai kontrak sponsor jersey tinggi.

Berikut Daftar 10 Klub Eropa dengan Kesepakatan Sponsor Jersey Teratas:

1. Manchester United

Sponsor: Chevrolet

Nominal: 61 juta pounds (Rp1,22 triliun) per tahun

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan