Nora Al Matrooshi, Astronaut Wanita Pertama dari Arab

WASHINGTON – Uni Emirat Arab melipatgandakan jumlah korps astronautnya pada 10 April dengan pemilihan dua astronaut baru. Korps tersebut, termasuk wanita pertama, yang akan berlatih di NASA mulai akhir tahun ini.

Pemerintah UEA mengumumkan telah memilih Nora AlMatrooshi dan Mohammad AlMulla dari kumpulan 4.305 pelamar untuk bergabung dengan korps astronaut negara tersebut. Mereka bergabung dengan Hazzaa AlMansoori dan Sultan AlNeyadi, astronaut Emirat pertama yang terpilih pada tahun 2018.

AlMatrooshi adalah wanita pertama yang terpilih sebagai astronaut Emirat. Ia merupakan seorang insinyur mesin yang telah bekerja untuk Perusahaan Konstruksi Perminyakan Nasional di UEA. AlMulla adalah pilot dan kepala departemen pelatihan Pusat Sayap Udara Kepolisian Dubai.

Keduanya muncul dari proses seleksi yang mulai setelah periode aplikasi untuk program astronaut ditutup pada Mei 2020. Upaya itu, dijalankan oleh Mohammed Bin Rashid Space Center (MBRSC), mempersempit 4.305 pelamar awal menjadi 122 kandidat, yang melakukan wawancara secara virtual.

Wawancara tersebut memotong setengah kandidat yang tersisa, yang menjalani pemeriksaan medis yang menghasilkan 30 finalis. Putaran wawancara lainnya menghasilkan 14 orang yang terpilih untuk wawancara dengan astronaut UEA saat ini AlMansoori dan AlNeyadi, bersama dengan astronaut NASA Jessica Meir dan Anne McClain. Dari grup itu, empat kandidat menjalani “tes ketat” untuk kebugaran, keterampilan komunikasi dan kerja tim, dari mana pusat memilih AlMatrooshi dan AlMulla.

“Tim di MBRSC telah bekerja tanpa lelah setelah menerima lamaran untuk mengevaluasinya sesuai dengan kriteria dan standar tertentu, dan kemudian melakukan evaluasi berturut-turut untuk memastikan pemilihan kandidat terbaik, hingga kami mencapai titik ini untuk mengumumkan astronaut baru,” Salem AlMarri, kepala program astronaut di MBRSC, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

 

Mengharapkan Adanya Wanita yang Meraih Posisi Tersebut

Dalam sebuah wawancara tahun lalu, AlMarri mengatakan dia berharap salah satu astronaut baru adalah seorang wanita, mengingat sekitar sepertiga pelamar adalah wanita.

“Kami akan memilih yang terbaik dan terpandai dari orang-orang yang melamar,” ujarnya kemudian. “Saya ingin sekali melihat satu atau dua dari kursi itu diberikan kepada seorang wanita Emirat.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan