oleh

Jangan Sekadar Gimik Politik, Dewan Soroti Pembangunan Silicon Valley Indonesia

SUKABUMI – Rencana pembangunan pusat penelitian teknologi bernama Bukit Algoritma di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) jangan dipolitisasi. Pasalnya, program tersebut merupakan pelaksanaan Science and Technology Park (STP) Kemenristekdikti guna menumbuhkan technopreneurship.

“Jadi, program ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari desain besar strategi pengembangan dan inovasi nasional. Karenanya, tidak boleh terjebak pada program aktivasi ambisius dan sekadar gimik politik semata,” ujar anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto, alinea.id, Senin (12/4).

Dia berharap, rencana pembangunan harus melahirkan para pengusaha pemula berbasis teknologi yang dibina melalui wadah ST-belt seperti di Silicon Valley.

Karena itu, dia menyambut baik rencana pembagunan Bukit Algoritma tersebut. Hanya saja, Mulyanto menilai, pembangunan perlu didukung ruang penyimpanan baik agar pelaku industri mendapatkan akses yang bagus, meski Bukit Algoritma terletak di daerah.

“Namun, tentunya ciri utama dari wadah ini adalah keunggulan. Sedapat-dapatnya tidak dipolitisasi hanya untuk kelompok masyarakat tertentu. Agar tidak kontraproduktif,” ujar Mulyanto.

Baginya, para pengusaha pemula techno akan berguguran dan tenggelam tanpa adanya keunggulan. Sebab, rintangan yang harus dilalui para pengusaha pemula teknologi dari invensi sampai menjadi inovasi, yang dapat diterima pasar itu sangat berat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga