Lahan Kering Primer di Jabar Merosot 300 Ha Per Tahun

Saat disinggung mengenai maraknya musibah banjir dan longsor di beberapa kota/kabupaten. Dirinya mengaku prihatin dengan situasi musibah yang terjadi di Jabar.

Menurutnya, musibah yang terjadi bukan cuma musibah alam biasa, tetapi karena kelalaian manusia akibat kebijakan atau faktor manusianya.

“Kami minta Dinas Kehutanan dan Perkebunan Jabar untuk kembali menghijaukan hutan, dengan menanam tanaman yang tidak produktif sehingga tidak dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena menanam pohon tidak produktif tidak akan banyak dimanfatkan oleh masyarakat,” tegasnya.

Menurut dia, harus ada kebijakan dari Dishutbun atau Kementerian LHK , hutan ditanami dengan tanaman produktif iu tidak salah namun mudah ditebang dan dimanfaatkan masyarakat karena alasan ekonomi.

Dengan melakukan penanaman tanaman non produkstif, lanjut dia, selain menjaga ketersediaan air juga mengembalikan ekosisitem lingkungan.

“Dishutbun harus Kembali ke wilayah untuk membina Kembali desa hutan, dan melakukan kolaborasi antara masyarakat hutan dengan hutannya,” pungkasnya. (win)

Tinggalkan Balasan