Menuju Digital Province, Pemprov Jabar Gandeng Shopee, Ini Manfaatnya Bagi Masyarakat

BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) terus melakukan inovasi, serta menggelar kolaborasi untuk mencapai tujuan menjadi digital province pertama di Indonesia.

Selain terus melakukan pembuatan aplikasi untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan informasi dan pelayanan publik, Pemprov Jabar juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak ketiga.

Yang terbaru, Gubernur Jabar Ridwan Kamil ini menjalin kerja sama dengan e-commerce terkemuka, Shopee.

Dalam penandatangan kerja sama yang dilakukan di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Sabtu (10/4) tadi, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengaku sangat senang kolaborasi ini bisa teruwud.

“Kami melakukan kerja sama agar pembangunan di Jawa Barat kaya (akan) bayar pajak kendaraan bermotor, jadi orang-orang yang biasa belanja di Shopee tidak usah pindah ke website pemerintah provinsi, cukup nge-klik di akun Shopee-nya dia bisa bayar pajak,” ujarnya.

Selain mengenai pembayaran, kerja sama ini juga diharapkan semakin mengedepankan produk-produk lokal untuk bisa bersaing secara global dengan cara memasarkan barangnya di Shopee.

“Kita ingin di barang-barang di desa bisa dijual di akun Shopee sehingga tinggal di desa rezeki kota karena bisa mengakses e-commerce yang disediakan,” lanjut Gubernur.

Shopee dan Pemprov Jabar juga menginisiasi program untuk mengedukasi masyarakat terkait digitalisasi dalam sektor industri perdagangan.

“Ada pusat edukasi SDM terkait revolusi digital yang kita butuhkan, ini contoh yang baik, kalau Shopee bisa sesukses ini kita harap unicorn-unicorn atau perusahaan yang lain bisa melakukan hal yang sama,” tambah pria yang sering disapa Kang Emil.

Jalinan kerja sama tersebut juga sekaligus meresmikan pusat vaksinasi Shopee di Kiara Artha Park, Kota Bandung, untuk kalangan lansia dan pekerja publik. (MG7)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan