oleh

DPMDesa Buka Program SABISA untuk Kuatkan Keberadaan BUMDes

BANDUNG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPM-Desa) Jwa Barat (Jabar) membuat terobosan dengan meluncurkan program Sakolah Bisnis Desa (SABISA).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan, program SABISA akan dimulai pada tahun ini.

‘’Nantinya akan menghadirkan para kepala desa dan 1.00 direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa),’’kata Bambang kepada wartawan, Kamis, (8/4).

Dia menilai, Kepala desa (Kades) dan direktur BUMDesa memiliki peranan penting dalam mengembangkan potensi desa.

Kehadirannya diharapkan memaksimalkan potensi desa dengan prinsip berkelanjutan dan memperhatikan kearifan lokal.

‘’Ini kan mampu memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat di pedesaan yang jumlahnya mencapai 72 persen dari total jumah penduduk di Jawa Barat,’’kata dia.

Melalui SABISA diharapkan BUMDesa mampu bertransformasi menjadi model usaha yang lebih profesional untuk memajukan perekonomian masyarakat pedesaan.

Dia menuturkan, untuk membuat program ini berjalan maksimal salah satu kendala adalah belum semua aparatur desa dan direktur BUMDesa mampu menjalankan bisnis dengan baik.

‘’Hal ini sangat terkait dengan masih terbatasnya wawasan dan skill bisnis,’’cetus mantan Kadis ESDM Jabar itu.

Dengan begitu, program SABISA diharapkan mampu mengembangkan bisnis BUMDesa, sehingga bisa memberi kesejahteraan bagi masyarakat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga