Stok Vaksin Menipis, Menkes Tambah Pasokan Sinovac

“Artinya kita tak bisa optimal. Prioritas pada kondisi seperti ini pada kelompok pang rentan yaitu kita fokus ke lansia dan guru dan tenaga pendidik,” katanya.

Sebelumnya baru-baru ini Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku deg-degan sebab stok vaksin di tanah air menipis. Stok vaksin Sinovac sudah sisa 7 juta dosis lagi. Sedangkan sisa vaksin AstraZeneca 10 jutaan dosis lagi masih terhambat dari India yang sedang mengalami embargo.

“Akibatnya panik itu WHO sama Gavi karena memang India adalah pabrik vaksin terbesar dunia di luar Tiongkok. Novavax, AstraZeneca itu dibikin cukup besar di India, saya dengar Pfizer juga ada. Akibatnya kurang supply-nya jadi realokasi lagi,” tegas Menkes Budi dalam webinar baru-baru ini.

Alhasil Indonesia masih terkendala mendapatkan stok sisa 10,7 juta dosis vaksin AstraZeneca. Baru 1,1 juta dosis yang tiba di tanah air.

“Jadi kita harusnya dapat jatah ini sekitar 11,7 juta di Maret-April, dapatnya baru 1,1 juta yang 10,6 jutanya nyangkut. bulan Maret kebetulan Sinovac masih cukup banyak. Namun bulan April Sinovac cuma 7 juta. Saya lagi deg-degan makanya,” kata dia. (jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan