oleh

Antisipasi Kenaikan Harga Sembako Jelang Ramadan, Disdagin Akan Tinjau Gudang Bulog Bandung

BANDUNG – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mengecek harga dan stok pangan menjelang bulan Ramadan yang jatuh pada pertengahan April 2021.

Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah di Bandung, Jawa Barat, Senin (5/4) mengatakan, menjelang Ramadan pemeriksaan pangan di pasaran harus dilakukan untuk mencegah kenaikan harga komoditas tersebut.

Rencananya Rabu (7/4) ia bersama Wali Kota Bandung bakal melakukan pengecekan ke sejumlah gudang dan pasar.

“Rencana kami akan meninjau ke gudang Bulog yang ada di Gedebage, bagaimana ketersediaan beras, minyak goreng, terigu, gula, semuanya yang ada di Bulog juga, berikut harganya, setelah dari Bulog kami akan lanjutkan meninjau ke gudang ritel, toko swalayan,” katanya.

Selain itu, pengecekan juga perlu guna mencegah penimbunan stok pangan yang bakal menyebabkan kenaikan harga. Mengenai hal tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Satgas Pangan Polrestabes Bandung.

Apabila nantinya terjadi kenaikan harga komoditas pangan, pihaknya akan langsung menelusuri penyebabnya melalui koordinasi dengan daerah produsen.

“Misalnya ada kenaikan harga ayam, misalnya, kami akan mengecek ke daerah produsennya di Ciamis. Berapa harganya ketika sampai Bandung. Kalau misalnya ditemukan ada pihak yang mengambil keuntungan, berarti ada yang bermain,” kata Elly.

“Kalau kenaikannya wajar ya kita tidak akan melaporkan. Tapi kalau yang tidak wajar ini yang kita harus laporkan,” tambahnya.

Selain ke gudang dan toko swalayan, dia mengatakan pihaknya pada Kamis (8/4) akan melakukan juga pengecekan ke Pasar Sederhana, Bandung. Dia pun akan mengecek harga cabai yang kini mulai menurun di pasaran. (antaranews)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga