Kelompok Tani Wanita Cipageran Manfaatkan Lahan untuk Bercocok Tanam

CIMAHI – Kegiatan panen perdana yang diadakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Gemi 0418 saat ini sudah mulai bercocok tanam, namun hasil dari panen tersebut belum jadi karena baru pemula.

Kegiatan ini dilakukan di Komplek Cipageran Asri RT04/RW18, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kamis (1/4).

“Kita baru berdiri juga, jadi kegiatannya seperti ini masih pembibitan kalau panen belum, buat media tanam, karena tanahnya terbatas dan mengolahnya ekstra jadi kita pakainya pollyback,” ungkap Ketua Kelompok Tani Wanita (KWT) Gemi 04/18 Petronela Petra.

“Terus kita juga masih tahap belajar, jadi kita masih di dampingin penyuluh dari pemkot dispangtan,” tambahnya di Komplek Cipageran Asri, Kamis (1/4).

Di tengah masa pandemi Covid-19 ini, Petronela mengakui dari dampak Covid-19 ini banyak positifnya ada minusnya juga, positifnya yakni warga rt04 bisa berkumpul bersama dengan mengisi waktu kegiatan yang positif.

Anggota KWT Gemi 0419 berjumlah 15 orang yang terdiri dari 3 orang sebagai pengurus di KWT Gemi 0418 serta 12 anggota dari KWT Gemi 0418. Mereka menanam dengan antusias, karena sebagai kebutuhan pokok warga di masa pandemi.

Hasil dari panen tersebut akan dibagikan kepada warga, jika ada lebihnya mereka akan menjual dengan harga nya sesuai harga di pasar tradisional. Namun, mereka perlu lakukan survei terlebih dahulu.

“Utamanya untuk warga dulu baru sisanya kita jual sesuai dengan harga pasar. Kita survei dulu harga pasar berapa nanti disesuaikan, dan mungkin harganya di bawah harga pasar. Karena kita juga baru pertama kali bercocok tanam dan menunggu hasil panen,” ujarnya.

Saat ini KWT Gemi 0418 menanam cabai, cengek, cabai rawit, cabai merah, sossin, pakcoy, kangkung, bawang daun, dan sereh. Masing-masing menunggu hasilnya hingga 3 bulan mendatang bisa kurang, dan bisa juga lebih dari itu.

“Kita manfaatkan lahan semaksimal mungkin, kita juga manfaatkan lahan sampah organik juga untuk maggot,” ucapnya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membawa hasil untuk warga, insyaallah bisa mencukupi kebutuhan warga nanti lebihnya bisa kita jual,” tutupnya. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan