oleh

Bupati Bandung Barat Tersangka Korupsi Pengadaan Bansos Covid-19, Nilai Proyeknya Miliaran

BANDUNG – KPK telah menetapkan Bupati Bandung Barat Aa Umbara sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan bantuan sosial pandemi Covid-19.

Dalam konferensi pers KPK pada Kamis (1/4), Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menjelaskan konstruksi perkara tindak pidana korupsi kepala daerah Bandung Barat tersebut.

“Diduga telah terjadi pada Maret 2020 karena adanya pandemi covid 19. Pemda KBB kemudian menganggarkan sejumlah dana untuk penanganan pandemi Covid-19. Dengan melakukan refocusing anggaran APBD tahun 2020 pada belanja tidak terduga,”papar Alex.

Selanjutnya, Alex menjelaskan bahwa pada April 2020 diduga ada pertemuan khusus antara AUS dengan MTG. Pertemuan tersebut untuk membahas keinginan dan kesanggupan MTG untuk menjadi salah satu penyedia pengadaan paket bahan pangan sembako pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat (KBB). Untuk proyek tersebut, ada kesepakatan pemberian commitment fee sebesar 6 persen dari nilai proyek.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Jadi Tersangka Kasus Korupsi Bantuan Covid 19

Untuk merealiasikan keinginan MTG, AUS kemudian memerintahkan Kadis Sosial KBB untuk memilih dan menetapkan MTG sebagai salah satu penyedia pengadaan paket sembako pada Dinas Sosial KBB.

Lalu, Mei 2020, AW menemui AUS untuk terlibat menjadi penyedia pengadaan sembako dampak Covid-19 di KBB. AUS langsung menyetujuinya, kembali memerintahkan Kadis Sosial dan PPK Dinsos KBB untuk meresmikan ketetapan tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga