oleh

Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Kota Bandung Siapkan Sejumlah Program

BANDUNG– Jumlah pengangguran di Kota Bandung saat Pandemi Covid-19 kian meningkat, hal ini berkaitan dengan maraknya PHK (Pemutusan Hak Kerja) yang dilakukan sejumlah perusahaan.

Tangani kasus tersebut, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung menyiapkan sebuah langkah untuk menekan angka pengangguran yang juga terjadi dari dampak pandemi Covid-19.

Kepala Disnaker Kota Bandung, Arief Syaifudin mengatakan, pihaknya menyediakan Program Koperasi, yakni untuk membantu warga Bandung agar mampu mencari peluang ruang usaha.

“Dalam menekan jumlah pengangguran kita mengadakan Program Koperasi. Diharapkan dapat membuka peluang usaha baru, selain peluang usaha juga bisa jadi pintu pekerjaan untuk yang lain,” jelasnya saat diwawancarai di Taman Dewi Sartika pada Selasa (30/03) kemarin.

Selain program tersebut, Disnaker Kota Bandung juga mengadakan program peatihan kewirausahaan dan kompetensi.

Diantaranya seperti pelatihan menjadi barista dan baker, di mana pelatihan ini sebenarnya sudah diadakan dari tahun lalu.

“Jadi intinya kita itu ingin meningkatkan kemampuan kompetensi masyarakat, agar lebih siap di dunia kerja. Kalau pun tidak, (mereka, red) siap untuk membuka usaha sendiri agar punya penghasilan,” ujarnya.

Program kegiatan pemagangan yang berkerja sama dengan bidang perhotelan dan ritel pun masih digencarkan Pemerintah Kota Bandung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga