Alhamdulillah, Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Kabupaten Sumedang Kini Telah Bisa Digunakan

SUMEDANG – Jembatan yang menghubungkan dua kecamatan di Kabupaten Sumedang, kini telah bisa digunakan.

Setelah penantian yang cukup panjang, kini warga di Kecamatan Sumedang Selatan dan Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, sudah bisa bernapas lega.

Sebab, warga tak perlu lagi memutar jalan untuk menjalankan aktivitas sehari-harinya. Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri telah meresmikan jembatan gantung Siliwangi V pada Rabu (31/3).

Jembatan gantung dengan panjang 90 meter serta lebar 1,2 meter itu kini menjadi akses penghubung Dusun Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan dan Dusun Sukatani, Desa Cimarias, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang.

“Pembangunan jembatan gantung ini merupakan kerjasama Polres Sumedang dengan Kodim 0610/Sumedang,” kata Irjen Pol Ahmad Dofiri di lokasi pada Rabu (31/3).

Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto (kanan) dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri (kiri) saat menyeberangi jembatan gantung di Kabupaten Sumedang usai peresmiannya pada Rabu (31/3). Yanuar Baswata

Dofiri melanjutkan, bahwa kegiatan ini merupakan sinergitas antara TNI dengan Polri dan merupakan wujud kepedulian terhadap warga masyarakat.

Menurut Dofiri, warga di dua kecamatan tersebut biasanya harus menempuh waktu sekira 30 menit agar sampai ke jalan raya. Namun, katanya, kini waktu tempuh hanya 5 menit saja.

“Kami berharap, dengan selesainya jembatan gantung ini bisa meningkatkan perekonomian warga di dua kecamatan tersebut,” imbuhnya.

Ucapan senada dilontarkan oleh Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Pihaknya mengapresiasi kerjasama Kodim 0610/Sumedang, Polres Sumedang bersama Vertical Rescue, yang dengan bantuan masyarakat setempat telah berhasil dalam pembangunan jembatan gantung tersebut.

“Mudah-mudahan, dengan keberadaan jembatan gantung ini dapat bermanfaat bagi warga. Dan melalui sinergitas TNI-Polri ini perekonomian warga meningkat,” pungkas Pangdam.

Pada kesempatannya, di lokasi yang sama, Komisaris Persib Bandung, Umuh Muchtar mengucapkan apresiasinya terkait jembatan yang menghubungkan dua kecamatan di Kabupaten Sumedang tersebut.

“Sangat bermanfaat buat masyarakat, buat semua kalangan. Alhamdulillah masyarakat Cimarias, Ciherang sangat menyambut. Apalagi yang meresmikan Pangdam dan Kapolda. Itu tandanya TNI – POLRI bersatu, bersama-sama membangun dan untuk rakyat,” tutur Umuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan