oleh

Awasi Mudik, Kemenhub Kerahkan Satgas Covid Hingga Polri

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Kemenhub) Budi Karya Sumadi menanggapi tentang hasil survei masyarakat terkait keinginan mudik lebaran, hasilnya sebanyak 89 persen masyarakat memilih tidak mudik dan 11 persennya memilih tetap mudik. Mengenai hal ini, ia mengaku bahwa hasil survei ini nantinya akan menjadi acuan untuk menyusun aturan pengendalian transportasi.

Selain merujuk pada survei tersebut, Kemenhub juga meminta masukan dari berbagai pihak termasuk juga dari pengamat transportasi, sosiolog dan stakeholders lainnya. Masukan-masukan ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun aturan terkait pengendalian transportasi. Termasuk juga mengenai sanksinya jika ada pelanggaran.

“Kementerian Perhubungan selalu berkomitmen untuk turut mencegah meluasnya pandemi Covid 19 di seluruh Indonesia dengan menerbitkan peraturan dan Surat Edaran sebagai petunjuk pelaksanaan pengendalian transportasi dan syarat perjalanan penumpang. Selain itu terus melakukan pengawasan di lapangan bekerja sama dengan Satgas Covid 19, Kemenkes, Pemda dan TNI Polri,” pungkasnya.

Saat ini, estimasi potensi jumlah pemudik saat ada larangan mudik secara nasional sebesar 27,6 juta orang. Dengan tujuan daerah mudik paling banyak adalah Jawa Tengah 37 persen, Jawa Barat 23 persen dan Jawa Timur 14 persen. (fin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga