oleh

Akibat Puting Beliung, Kades Mekarsaluyu Sebut 159 Rumah Alami Kerusakan

BANDUNG – Kepala Desa Mekarsaluyu Ayi Miharja mengungkapkan, sekitar 159 rumah mengalami kerusakan dalam kategori sedang, ringan, dan berat akibat diterjang angin puting beliung.

“Data sementara 159 rumah yang rusak, kemungkinan masih terus akan bertambah karena masih pendataan,” kata Ayi, Senin (29/3).

Ia menjelaskan, berdasarkan data sementara, rumah yang rusak berada di RW 3, 5, dan 6. RW 3 menjadi wilayah dengan kerusakan rumah terbanyak yakni 109 rumah.

Sementara Di RW 4, kata dia, terdapat 11 rumah rusak, RW 5 ada 17 rumah, dan RW 6 sebanyak 22 rumah rusak.

“Sebagian besar rumah mengalami kerusakan pada bagian atap seperti genteng yang tersapu angin. Beberapa rumah bahkan ambruk ketika angin puting beliung tersebut menyapu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengatakan, kejadian Angin puting beliung disertai hujan pada sore hari tanggal 28 Maret 2021 pukul 16:00 sebesar 28km/jam

Penyebabnya, kata dia, berdasarkan pantauan Citra satelit terdapat pembentukan awan Cumulonimbus di sekitar wilayah dan sekitarnya pada pukul 15:20 Wib.

“Kondisi kelembapan yang cenderung basah pada ketinggian kurang lebih 3 km di atas permukaan laut mendukung pembentukan awan-awan hujan,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga