oleh

Kopi Bisa Mengatasi Asam Urat, Tapi…

JAKARTA – Asam urat bisa menyebabkan nyeri sendi, yang bisa disertai kemerahan dan bengkak. Salah satu asupan yang dipercaya bermanfaat bagi penderita asam urat adalah kopi.  Namun, benarkah mengonsumsi kopi efektif mengatasi dan mencegah kekambuhan asam urat? Simak selengkapnya.

Pengaruh Kopi terhadap Asam Urat

Tidak terdapat banyak studi yang menjelaskan hubungan dan pengaruh kopi terhadap asam urat. Sejumlah studi menyatakan bahwa kopi tanpa kafein dapat berperan dalam mengurangi risiko gout. Pada Juni 2007, studi yang dilakukan dalam skala besar berusaha menguji hubungan antara kopi tanpa kafein dengan kadar asam urat.

Baca Juga:  Puluhan Ribu Obat Keras dan Psikotropika di KBB Gagal Edar

Hasilnya ditemukan bahwa kopi tanpa kafein berhubungan dengan penurunan kadar asam urat. Dinyatakan bahwa kelompok pria yang minum 1 – 3 cangkir kopi tanpa kafein sehari berisiko asam urat 33 persen lebih rendah dibandingkan kelompok lainnya.

Belum jelas hubungan kopi dan asam urat, serta efeknya dalam menurunkan risiko asam urat.

Namun, para peneliti berspekulasi bahwa sumber antioksidan dan asam fenol klorogenat yang terdapat di dalam kopi mungkin memengaruhi risiko asam urat. Sementara, kopi tanpa kafein membantu mencegah kambuhnya asam urat, kopi berkafein dapat menyebabkan masalah pada penderita asam urat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga