oleh

Gated Community, Kawasan Pemukiman yang Akan Jadi Tren di Masa Depan

JAKARTA – Peneliti dari Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Rusli Cahyadi mengatakan gated community akan menjadi tren yang semakin dominan di masa depan.

Gated community dapat berarti kawasan pemukiman yang memiliki akses masuk terbatas di mana ruang publik yang ada di dalamnya bersifat privat.

“Dalam beberapa hal dapat dikatakan bahwa literatur Indonesia menyebutkan pembentukan gated community akan menjadi tren yang semakin dominan di masa depan di sebagian besar wilayah perkotaan di Indonesia. Terutama di wilayah perkotaan, di pinggiran kota bahkan di pedesaan,” kata Rusli dalam seminar virtual (webinar) Gated Communities and Inequality in Indonesia, Jakarta.

Terkait: Apa itu Gated Community?

Menurut Rusli, itu akan membawa pada persoalan mengenai dampak pembangunan gated community di perdesaan sekitar kota-kota inti di Indonesia.

Secara luas di perdesaan di Indonesia bercirikan suasana persatuan dengan kondisi sosial dan ekonomi yang relatif setara. Namun, kehadiran gated village / community berkemungkinan menimbulkan persoalan atau permasalahan. Terutama yang berkaitan dengan segregasi sosial dan konflik berbeda, jika pembangunannya di perdesaan tidak terkendali.

Rusli menuturkan masalah gated village di perdesaan nampaknya belum mendapat perhatian akademisi yang cukup.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga